Afghanistan Klaim Tewaskan Komandan Pasukan Khusus Taliban

Minggu, 03 Desember 2017 - 21:20 WIB
Afghanistan Klaim Tewaskan Komandan Pasukan Khusus Taliban
Afghanistan Klaim Tewaskan Komandan Pasukan Khusus Taliban
A A A
KABUL - Intelijen Afghanistan menuturkan, militer negaranya telah berhasil menewaskan Mullah Shah Wali, yang tidak lain adalah komandan Unit Merah Taliban. Unit Merah adalah pasukan khusus yang dibentuk oleh milisi tersebut.

Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan (NDS), mengatakan Mullah Shah Wali, yang juga dikenal dengan Mullah Naser, tewas dalam operasi udara di Helmand, yang merupakan salah satu basis utama Taliban.

"Wali menjadi komandan Unit Merah Taliban, dan wakil gubernur bayangan provinsi Helmand tiga tahun lalu, dan terlibat langsung dalam serangan Taliban," kata NDS dalam sebuah pernyatan.

"Uni Merah diperkirakan dilengkapi dengan senjata canggih, termasuk teropong infra merah, roket 82mm, senapan mesin berat, dan senapan serbu buatan Amerika Serikat (AS)," sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (3/12).

NDS menambahkan, Wali terbunuh bersama dengan seorang pembom bunuh diri dan dua komandan Taliban lainnya di distrik Musa Qala, Helmand.

Belum ada pernyataan apapun dari Taliban mengenai tewasnya Wali. Jika kematian Wali terfevikasi, maka hal ini akan menjadi pukulan yang cukup telak bagi Taliban, mengingat Wali adalah satu tokoh penting kelompok yang juga beroperasi di Pakistan itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6599 seconds (0.1#10.140)