Mugabe Dipecat dari Jabatan Pimpinan Partai Penguasa Zimbabwe

Minggu, 19 November 2017 - 20:22 WIB
Mugabe Dipecat dari Jabatan Pimpinan Partai Penguasa Zimbabwe
Mugabe Dipecat dari Jabatan Pimpinan Partai Penguasa Zimbabwe
A A A
HARARE - Partai paling berkuasa di Zimbabwe, ZANU-PF dilaporkan telah memecat Robert Mugabe sebagai pemimpin mereka. Ini merupakan langkah terbaru yang diambil ZANU-PF untuk mengakhiri rezim Mugabe.

Pemecatan Mugabe terjadi setelah adanya pertemuan komite utama ZANU-PF. Posisi Mugabe diketahui digantikan olehEmmerson Mnangagwa, yang tidak lain adalah mantan Wakil Presiden Zimbabwe yang beberapa waktu lalu dipecat oleh Mugabe.

"Dia telah dilengserkan. Mnangagwa adalah pemimpin baru kami," kata seorang anggota senior ZANU-PF yang berbicara dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (19/11).

Dia juga menambahkan, istri Mugabe, Grace Mugabe juga telah dicopot dari jabatannya sebagai kepala Liga Perempuan ZANU-PF, dan telah dikeluarkan sebagai anggota partai itu.

Sementara itu, sebelumnya Kepala veteran perang pembebasan Zimbabwe, Chris Mutsvangwa mengatakan ZANU-PF akan melengserkan Mugabe sebagai Presiden Zimbawe dalam waktu dekat. Dia juga menyebut Mugabe meminta waktu kepada anggota partai agar dia turun takhta secara terhormat.

"Tapi, kami kehabisan waktu untuk menegosiasikan kepergiannya dan harus meninggalkan negara kami selama dia bisa. Dia (Mugabe) mencoba menawar agar bisa berhenti dengan terhormat," kata Mutsvangwa paska menghadiri pertemuan komite utama ZANU-PF.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6411 seconds (0.1#10.140)