Presiden Jokowi Temui PM Malaysia, Ini yang Akan Dibahas

Jum'at, 17 November 2017 - 15:52 WIB
Presiden Jokowi Temui...
Presiden Jokowi Temui PM Malaysia, Ini yang Akan Dibahas
A A A
JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Malaysia pada pekan depan. Selama di Malaysia, Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Najib Razak.

Menurut Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Denny Abdi kunjungan Jokowi ke Malaysia untuk melakukan konsultasi tahunan antara kedua pemimpin. Pertemuan ini rutin dilakukan setiap tahun, dan lokasinya selalu berpindah-pindah.

"Kita bertetangga dekat dengan Malaysia, kita disebut negara serumpun, tapi pada saat yang sama sebagai negara dengan penduduk yang relatif besar terdapat isu-isu yang harus dikelola, supaya tidak menjadi potensi ketegangan kedua negara. Pertemuan ini menjadi ajang bagi kedua pemimpin untuk menyampaikan permasalahan yang ada," kata Denny pada Jumat (17/11/2017).

Denny menyebut ada banyak hal yang akan menjadi pembahasan dalam pertemuan tersebut. Beberapa isu yang akan dibahas adalah mengenai isu perbatasan dan juga mengenai isu keamanan.

"Contoh isu perbatasan, kita tahu Indnesia dan Malaysia memiliki perbatasan maritim dan darat yang masih dalam tahap perundingan. Kerja sama pertahanan dan keamanan, kita tahu kawasan kita tidak kebal dari masalah keamanan, baik yang berasal dari dalam kawasan, ataupun dari kawasan lain," ungkapnya.

Ia menambahkan isu ekonomi, khususnya mengenai kelapa sawit akan turut menjadi pembahasan dalam pertemuan tersebut. Denny mengatakan isu ini diangkat karena kedua negara adalah negara pengekspor minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

"Tidak kalah penting adalah isu penempatan dan perlindungan warga negara, khususnya pekerja Indonesia. Data resmi ada 1,5 WNI yang tinggal dan bekerja di Malaysia, WNI tidak resmi jauh lebih banyak," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0097 seconds (0.1#10.140)