Dubes Saudi Sebut Hubungan Indonesia-Saudi Layaknya Saudara

Rabu, 27 September 2017 - 07:17 WIB
Dubes Saudi Sebut Hubungan Indonesia-Saudi Layaknya Saudara
Dubes Saudi Sebut Hubungan Indonesia-Saudi Layaknya Saudara
A A A
JAKARTA - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah al Shuabi menyebut hubungan antara Saudi dan Indonesia sangatlah baik. Dia menggambarkan hubungan kedua negara layaknya saudara dekat.

Berbicara saat menyampaikan sambutan di peringatan hari jadi Saudi yang ke-97, Osama menuturkan, Riyadh dan Jakarta memiliki hubungan yang sangat erat dalam berbagai bidang.

"Pada level formal, hubungan kita dengan saudara-saudara kita di Pemerintah Indonesia dalam kondisi yang sangat baik. Disamping itu, kedua negara juga merupakan anggota penting G-20, sebuah forum internasional bagi ekonomi terbesar di dunia," ungkapnya pada Selasa (26/9).

Terkait dengan hari jadi Saudi, Osama menyatakan peringatan ini memiliki makna penting bagi rakyat negeri kaya minyak tersebut. Ini dikarenakan hari tersebut menandakan penyatuan sebagian besar wilayah jazirah Arab.

"Sesungguhnya, hari nasional bagi Arab Saudi bukanlah hari kemerdekaan, melainkan hari uniletarisasi umat dan Jazirah Arab, saat Kerajaan Arab Saudi mempresentasikan 90% dari luas wilayahnya yang belum pernah dijajah oleh asing. Namun yang terjadi adalah perpecahan antara dua kekuatan yang saling berperang," ujarnya.

Saudi terbentuk saat raja pertama mereka, Raja Abdulaziz Bin Abdulrahman al Saud meluncurkan kampanye pada 1920 untuk mempersatukan wilayahnya. Dari sanalah bangkit sebuah negara bernama Arab Saudi dan semenjak itu menjadi salah satu motor ekonomi terkuat di Timur Tengah.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1420 seconds (11.97#12.26)