Badai Irma Dekati Florida, 5,6 Juta Warga Dievakuasi

Sabtu, 09 September 2017 - 12:14 WIB
Badai Irma Dekati Florida, 5,6 Juta Warga Dievakuasi
Badai Irma Dekati Florida, 5,6 Juta Warga Dievakuasi
A A A
FLORIDA - Sekitar 5,6 juta penduduk Florida telah diperintahkan untuk dievakuasi karena badai Irma semakin dekat. Ini adalah salah satu evakuasi skala terbesar dalam sejarahnya.

Badai kategori 5 ini telah bergerak melalui Karibia dan British Virgin Islands, menewaskan sedikitnya 22 orang dan meninggalkan jejak kehancuran di belakangnya.

Badai yang mematikan ini membawa angin hingga 155mph dan diprediksi akan menerjang ujung Florida ke ujung lainnya saat diperkirakan akan tiba di dekat Key West pada hari Minggu. Jalur yang ditempuh bisa melewati Georgia dan South Carolina.

"Ini adalah badai yang akan membunuh Anda jika Anda tidak menyingkir. Semua orang akan merasakannya," kata ahli meteorologi Nasional Dennis Feltgen dari National Hurricane Center seperti dikutip dari Sky News, Sabtu (9/9/2017).

Para ahli mengatakan Badai Irma bisa menjadi ujian paling serius terhadap ketahanan badai Florida sejak Badai Andrew pada tahun 1992, yang menghancurkan 125 ribu rumah dan membunuh 40 orang.

"Jika Anda berencana untuk pergi dan tidak pergi malam ini, Anda harus keluar dari badai yang sangat berbahaya ini dengan risiko Anda sendiri," kata Gubernur Florida Rick Scott.

"Kami kehabisan waktu. Jika Anda berada di zona evakuasi, Anda perlu pergi sekarang. Ini adalah badai bencana yang tidak pernah dilihat oleh negara kita sebelumnya," imbuhnya.

Ratusan tempat penampungan dibuka untuk orang-orang yang memilih untuk tinggal. Beberapa ratus penduduk dan hewan peliharaan mereka mencari perlindungan di sebuah pusat pameran di Miami, satu dari sedikit tempat yang memungkinkan untuk hewan.

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump memperingatkan bahwa Badai Irma dapat memiliki potensi destruktif yang sangat bersejarah.

"Tidak ada yang lebih penting daripada keselamatan dan keamanan rakyat kita. Kami melakukan semua yang kami bisa untuk membantu persiapan bencana dan, ketika saatnya tiba, pulih dan dibangun kembali bersama sebagai orang Amerika," kata Trump.

Para ahli telah memperkirakan gelombang badai 6 sampai 12 kaki di atas permukaan tanah di sepanjang pantai barat daya Florida dan di Keys, dengan selisih satu curah hujan di seluruh negara bagian.

Dengan angin yang mencapai kecepatan maksimal pada 185 mph, Irma adalah salah satu badai paling kuat yang pernah tercatat di Atlantik.

Badai Irma ini diikuti oleh badai kategori empat Jose, yang diperkirakan akan mempengaruhi Bahama dan Bermuda namun tidak diperkirakan tidak akan menghantam AS.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5850 seconds (0.1#10.140)