RI-Ukraina Rayakan 25 Tahun Hubungan Bilateral

Senin, 14 Agustus 2017 - 16:58 WIB
RI-Ukraina Rayakan 25 Tahun Hubungan Bilateral
RI-Ukraina Rayakan 25 Tahun Hubungan Bilateral
A A A
KIEV - Hubungan bilateral Indonesia dan Ukraina telah menginjak usia ke 25 tahun. Saling kunjungi untuk meningkatkan kerjasama bilateral bidang ekonomi dan kebudayaan antara Indonesia dan Ukraina mewarnai 25 tahun hubungan tersebut.
Kunjungan kerja terbaru dilakukan oleh delegasi Komisi I DPR RI yang membidangi Luar Negeri, Pertahanan dan Keamanan serta Intelijen, dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari. Delegasi Komisi I dilaporkan melakukan pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina Sergiy Kyslytsya di Kiev.
Menurut Duta Besar Indonesia untuk Ukraina, Yuddy Krisnandi Kunjungan pejabat tinggi Indonesia kali ini merupakan kunjungan pejabat tinggi dengan jumlah terbesar ke Ukraina yaitu 24 orang. Yuddy menyebut Hal ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan hubungan kedua Negara dalam semangat perayaan 25 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Ukraina.
"Ukraina mempunyai potensi pasar yang cukup menjanjikan. Negara ini adalah Negara dengan wilayah terbesar kedua di Eropa dengan jumlah penduduk lebih dari 42 juta jiwa. Walaupun demikian perlu upaya yang serius untuk mewujudkan hubungan mutual benefit," ucap Yuddy, seperti tertuang dalam siaran pers Kedutaan Besar Indonesia di Kiev yang diterima Sindonews pada Senin (14/8).
Pada gilirannya Kyslytsya menyatakan, Ukraina menyampaikan penghargaan atas dukungan Indonesia atas kedaulatan Ukraina di forum internasional. Wakil Menlu yang pernah menjadi penasihat Politik Perwakilan Ukraina di Amerika Serikat ini, juga menghargai posisi Indonesia sebagai Negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dan Negara anggota G-20 dalam menyikapi keutuhan integritas Ukraina.
Sementara itu, Almasyhari menyampaikan terima-kasih atas sambutan pemerintah Ukraina yang baik atas kunjungan Delegasi DPR RI. Diharapkan kedepan hubungan bilateral Indonesia dan Ukraina dapat lebih meningkat. Selain kunjungan pejabat tinggi, lanjut Almasyhari diperlukan people to people contact agar terjalin pemahaman sosial budaya antar kedua bangsa.
“Kami memberikan apresiasi kepada Duta Besar RI dan jajaran KBRI Kiev dalam upaya memantapkan dan mensosialisasikan posisi Indonesia kepada pemerintah dan masyarakat Ukraina," ungkap Almasyhari.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3801 seconds (0.1#10.140)