Tentara Pakistan Tewaskan 5 Tentara India di Kashmir

Minggu, 04 Juni 2017 - 18:22 WIB
Tentara Pakistan Tewaskan 5 Tentara India di Kashmir
Tentara Pakistan Tewaskan 5 Tentara India di Kashmir
A A A
KASHMIR - Tentara Pakistan mengatakan, lima tentara India tewas dalam bentrokan di sepanjang Jalur Kontrol (LoC). LoC adalah sebuah wilayah perbatasan de facto yang membagi lembah Kashmir yang disengketakan di antara dua negara.
Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Minggu (4/6), tentara Pakistan mengatakan, beberapa bunker India juga hancur dalam bentrokan tersebut. Militer India belum memberikan pernyataan apapun mengenai pertempuran terbaru tersebut.
Kashmir sendiri adalah sebuah wilayah di Himalaya yang berpenduduk mayoritas Muslim. Sebagian wilayah ini dikuasai oleh India, dan sebagian besar lainnya dikuasi oleh Pakistan. Kedua negara mengaku memiliki hak penuh atas wilayah itu.
Kedua negara telah bertempur dalam tiga perang, yakni pada tahun 1948, 1965 dan 1971. Sejak tahun 1989, kelompok perlawanan Kashmiri di Jammu dan Kashmir telah berperang melawan pemerintah India untuk kemerdekaan, atau untuk penyatuan dengan negara tetangga Pakistan.
Lebih dari 70 ribu orang dilaporkan terbunuh dalam konflik sejauh ini, kebanyakan dari mereka oleh angkatan bersenjata India. India mempertahankan lebih dari setengah juta tentara di wilayah yang disengketakan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3468 seconds (0.1#10.140)