Pejuang Suriah Sukses Rebut Tabqa Dari ISIS

Senin, 01 Mei 2017 - 20:25 WIB
Pejuang Suriah Sukses...
Pejuang Suriah Sukses Rebut Tabqa Dari ISIS
A A A
DAMASKUS - Pejuang Suriah yang didukung oleh Amerika Serikat (AS), yakni Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dilaporkan telah berhasil merebut kota Tabqa dari tangan ISIS. Tabqa adalah kota yang menjadi pusat komando utama ISIS dan berjarak hanya 50km dari Raqqa, benteng utama kelompok ekstrimis itu di Suriah.
"Kami telah berhasil membebaskan seluruh wilayah Taqba dari tangan ISIS," kata juru bicara SDF, Brigadir Jenderal Talal Sallou dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (1/5).
Namun, menurut Obersevatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, SDF belum sepenuhnya mengusasi kota tersebut. Kelompok pemantau yang berbasis di London, Inggris itu menyatakan SDF sejauh ini mengusasi 70 persen kota tersebut.
ISIS menguasai wilayah Tabqa sejak tahun 2014. Ini memberikan ISIS kontrol atas waduk vital dan pembangkit listrik tenaga air yang memasok sebagian besar wilayah Suriah.
Bulan lalu, SDF menghentikan serangannya untuk memungkinkan para insinyur memeriksa bendungan tersebut, di tengah kekhawatiran bahwa bendungan itu telah rusak dalam pertempuran tersebut.
PBB telah memperingatkan bahwa jika bendungan tersebut ambruk, hal itu dapat menyebabkan banjir dalam skala besar dengan "konsekuensi kemanusiaan yang mengerikan".
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0944 seconds (0.1#10.140)