Duterte Berencana Sambangi Kawasan Laut China Selatan

Kamis, 06 April 2017 - 15:51 WIB
Duterte Berencana Sambangi Kawasan Laut China Selatan
Duterte Berencana Sambangi Kawasan Laut China Selatan
A A A
MANILA - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte berencana untuk melakukan kunjungan ke salah satu pulau di kawasan Laut China Selatan. Ini adalah langkah terbaru Duterte untuk memperkuat posisi Filipina di kawasan tersebut.
Duterte diketahui akan berkunjung ke Thitu, dimana Duterte menyatakan dia akan menancapkan bendera Filipina di pulau itu untuk menegaskan kedaulatan Filipina. Dia juga mengatakan akan membuat benteng di sekitar pulau tersebut.
Melansir Reuters pada Kamis (6/4), pemimpin Filipina itu menyebut dia akan mengunjungi pulau itu di waktu yang khusus. Duterte akan mengunjungi pulau tersebut saat perayaan hari kemerdekaan Filipina pada Juni mendatang.
Pulau Thitu berlokasi di dekat Subi Reef, salah satu dari tujuh pulau buatan manusia di Spratly yang dibangun oleh China. Dimana China dikabarkan saat ini tengah membangun pangkalan militer, dan juga mulai mengerahkan alat-alat militer dan persenjataan ke kawasan tersebut.
Filipina sendiri merupakan negara yang bisa dikatakan paling gencar menantang China di Laut China Selatan. Ini terlihat dari sejumlah langkah yang diambil Manila, salah satu satunya adalah menyeret China ke pengadilan internasional.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5641 seconds (0.1#10.140)