Bela Orang Berzina, Duterte: Munafik, Siapa Tak Punya Simpanan?

Kamis, 06 April 2017 - 03:54 WIB
Bela Orang Berzina, Duterte: Munafik, Siapa Tak Punya Simpanan?
Bela Orang Berzina, Duterte: Munafik, Siapa Tak Punya Simpanan?
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte kembali jadi sorotan setelah berkomentar membela orang-orang yang berzina. Dia menyebut para politisi Filipina yang mempersoalkan perselingkuhan sebagai golongan kaum munafik.

Komentar Presiden Filipina ini muncul untuk membela Ketua DPR atau Parlemen Filipina Pantaleon Alvarez yang mengaku kepada publik tentang perselingkuhannya.

”Ini adalah dunia kemunafikan. Siapa di antara Anda di sini yang tidak memiliki wanita simpanan?,” tanya Presiden Duterte dalam pidato yang disiarkan langsung di televisi pada Selasa malam.

Zina atau perselingkuhan menjadi hal yang tabu di Filipina, sebuah negara yang mayoritas penduduknya penganut Katolik.

”Semua itu adalah seksis dan misoginis untuk menjelaskan perilaku yang tidak tepat hanya berdasarkan seseorang karena dia laki-laki,” ucap Senator Risa Hontiveros mengomentari skandal Alvarez.

Politikus Filipina ini telah menjadi berita utama pada minggu lalu ketika dia secara terbuka mengakui telah menjadi bapak delapan anak, enam dari mereka merupakan anak yang dilahirkan dari dua wanita lain yang bukan istrinya.

Duterte, dalam pidato televisi mengatakan kepada pegawai pemerintah di Manila bahwa komentarnya untuk membela Alvarez.

”Tapi, benar-benar ada begitu banyak wanita dan Anda (harus memanfaatkan) waktu yang begitu singkat di dunia ini. Ya Tuhan!,” ujarnya.

”Masalahnya adalah bahwa Anda dapat (atau tidak) mendukung anak-anak. Itu saja,” ucap dia.

Duterte mengatakan bahwa Alvarez tidak seperti orang Kristen Filipina pada umumnya yang menikah dengan satu istri. ”Alvarez tidak pernah menjadi Kristen. Jadi dia tidak terikat oleh aturan berapa jumlah perempuan yang dapat dimiliki,” ujarnya, seperti dikutip AFP, semalam (5/4/2017).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6131 seconds (0.1#10.140)