Berlian Pink Jadi Rebutan Miliarder China

Selasa, 04 April 2017 - 11:38 WIB
Berlian Pink Jadi Rebutan Miliarder China
Berlian Pink Jadi Rebutan Miliarder China
A A A
HONG KONG - Berlian berwarna pink (merah muda) dipastikan akan jadi rebutan miliarder China. Baru permata bernilai tinggi ini akan mulai dilelang dan perkirakan memecahkan rekor dunia dengan nilai mencapai Rp800 miliar (USD60 Juta) di Sotheby’s, Hong Kong.

Berlian 59,6 karat yang dijuluki sebagai Pink Star merupakan berlian terbesar yang pernah diukur oleh Gemological Institute of America (GIA). "Saya pikir itu akan terjual. Berlian itu akan menciptakan rekor baru dalam lelang perhiasan. Saya pikir lelang itu akan menjadi lelang yang sangat berharga," kata Deputi Pim-pinan Sotheby’s Asia, Quek Chin Yeow, dilansir AFP.

Quek mengungkapkan berlian itu memiliki ukuran 1,69 x 2,06 cm dengan berat 11,92 gram. Dan untuk lelang kali ini para pengusaha Asia telah mengantri untuk mendapatkannya. "Pembeli Asia memecahkan rekor kategori lain untuk penjualan berlian dalam beberapa tahun terakhir," ujar Quek.

Sebelumnya, pada 2014, Sotheby’s pernah berhasil melelang berlian tersebut dengan nilai USD83,2 juta. Namun pemenang lelang itu, Isaac Wolf, ternyata gagal membayarnya karena tidak meyakinkan para investornya. Akhirnya Sotheby’s memutuskan untuk melelang kembali Pink Star.

Pink Star merupakan hasil penambangan De Beers pada 1999 sebagai berlian kasar 132,5 karat. Berlian itu dipotong dan dipoles kini menjadi berlian yang paling berharga yang pernah dijual. "Ukuran luar biasa dari berlian 59,60 karat ini, dipadu dengan kekayaan warnanya, merupakan rekor yang melebihi apa pun dari berlian merah muda dalam sejarah," kata David Bennett, ketua divisi perhiasan Sotheby’s.

Lalu siapa yang beruntung untuk mendapatkan berlian ini ? Miliarder Laurence Graff dan kolektor berlian Joseph Lau diperkirakan menjadi calon pembeli utama. "Berlian merah muda itu sangat unik dan langka," kata Tobias Kormind, direktur operasional 77Diamonds.com, salah satu ritel berlian ternama. (Andika Hendra M)
(bbk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3490 seconds (0.1#10.140)