Putin Sebut Iran Sahabat Rusia

Selasa, 28 Maret 2017 - 22:57 WIB
Putin Sebut Iran Sahabat Rusia
Putin Sebut Iran Sahabat Rusia
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin melemparkan pujian terhadap Iran. Putin menyebut Iran sebagai salah satu sekutu lama Rusia, dan menyebutnya sebagai salah satu sahabat dekat Rusia.
Pujian tersebut disampaikan Putin saat melakukan pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di Moskow. Putin menyatakan, hubungan Iran dan Rusia sudah terbangun selama berabad-abad, dan akan terus berlanjut ke depannya.
"Rusia dan Iran saling berbagi selama bertahun-tahun, jika tidak berabad-abad, kerjasama bilateral. Kami telah mempertahankan hubungan diplomatik selama lebih dari 500 tahun. Iran adalah tetangga yang baik, sekaligus mitra terpercaya dan stabil kami," kata Putin dalam pertemuan dengan Rouhani, seperti dilansir Itar-tass pada Selasa (28/3).
Putin kemudian mengatakan, ia percaya Moskow dan Teheran dapat bekerja sama secara efektif dalam berbagai bidang.
"Ini menyangkut aktivitas internasional dan solusi dari masalah internasional utama dan sangat akut. Juga, kita bekerja di bidang ekonomi. Akhir-akhir ini kita mencapai hasil yang cukup besar dalam semua bidang," sambungnya.
Putin mencontohkan pertumbuhan omset bilateral antara kedua negara, yang naik 70% pada tahun 2016. Pemimpin Rusia itu mengatakan, apa yang terjadi antara Iran dan Rusia adalah sebuah hal yang unik, mengingat situasi ekonomi dunia yang tidak menentu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7521 seconds (0.1#10.140)
pixels