AS Pertimbangkan Gunakan Kekuatan Militer Hadapi Korut

Jum'at, 17 Maret 2017 - 19:24 WIB
AS Pertimbangkan Gunakan...
AS Pertimbangkan Gunakan Kekuatan Militer Hadapi Korut
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson mengatakan, pihaknya mungkin saja akan menggunakan kekuatan militer untuk menghadapi Korea Utara (Korut). Dia menyatakan, semua pendekatan dipertimbangkan saat ini.
"Kebijakan kesabaran strategis telah berakhir. Kami sedang menjajaki berbagai pendekatan baru, mulai dari diplomatik, keamanan dan langkah-langkah ekonomi. Semua opsi ada di atas meja," kata Tillerson, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (17/3).
"Kami tidak ingin sampai ke konflik militer, kami cukup jelas dalam komunikasi kita. Tapi, jelas jika Korut mengambil tindakan yang mengancam pasukan Korea Selatan atau kekuatan kita sendiri, maka kami akan merespon," sambungnya.
Dia menegaskan, opsi militer saat ini sudah berada di atas mereka. Tillerson menyatakan, jika Korut meningkatkan ancaman program senjata mereka ke tingkat yang lebih tinggi, maka tidak ada pilihan lain selain menggunakan opsi militer.
Meski demikian, dia berharap semua masalah yang ada bisa diselesaikan melalui jalur damai, "Kami berharap untuk bisa membujuk Korut untuk menghentikan apa yang mereka lakukan saat ini, itu adalah keinginan kami," sambung mantan bos Exxon Mobile tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0926 seconds (0.1#10.140)