PM Inggris Tolak Referendum Kemerdekaan Skotlandia

Kamis, 16 Maret 2017 - 23:33 WIB
PM Inggris Tolak Referendum Kemerdekaan Skotlandia
PM Inggris Tolak Referendum Kemerdekaan Skotlandia
A A A
LONDON - Perdana Menteri Inggris, Theresa May, menolak permintaan referendum kemerdekaan Skotlandia. May mengatakan sekarang bukan waktunya bagi Skotlandia mengajukan referendum kemerdekaan yang merupakan kedua kalinya.

"Pesan saya sangat jelas. Sekarang bukan waktu saya untuk menjelaskannya mengapa. Kami harus bekerja untuk mendapatkan kesepakatan yang tepat untuk Skotlandia dan Inggris dengan kemitraan masa depan kita dengan Uni Eropa," kata May kepada stasiun televisi ITV.

May mengatakan terulangnya referendum seperti tahun 2014 tidak tepat karena negara itu akan melalui perubahan besar terkait Brexit. Menurut May, warga Skotlandia memerlukan gambaran yang lebih lengkap sebelum mengambil keputusan.

"Ini akan menjadi tidak adil untuk rakyat Skotlandia pada saat ini bahwa mereka akan diminta untuk membuat keputusan penting tanpa informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan itu," jelas May seperti dikutip dari Independent, Kamis (16/3/2017).

May menyatakan bahwa ia tidak sepenuhnya mengesampingkan kemungkinan referendum di masa depan. Namun, keputusannya untuk menolak referendum dalam waktu dekat akan memprovokasi SNP atau partai nasional Skotlandia yang dipimpin oleh Menteri Pertama Nicolla Sturgeon.

Sturgeon sebelumnya telah mengumumkan niatnya untuk mengajukan referendum kemerdekaan Skotlandia. Ia mengatakan pemerintah Westminster tidak bergerak bahkan seinci pun dalam mengejar kompromi dan kesepakatan dengan Holyrood pasca Brexit dan bahkan kesepakatan yang bagus pun secara signifikan lebih rendah untuk status quo.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6057 seconds (0.1#10.140)