Horor, Longsor Sampah Ethiopia Kubur Hidup-hidup 48 Orang

Senin, 13 Maret 2017 - 13:40 WIB
Horor, Longsor Sampah...
Horor, Longsor Sampah Ethiopia Kubur Hidup-hidup 48 Orang
A A A
ADDIS ABABA - Insiden horor berupa longsor sampah mengubur hidup-hidup puluhan orang di Eithopia, di mana sebagian dari mereka sedang mengais nafkah. Sebanyak 48 orang ditemukan tewas dan puluhan lainnya diduga masih terkubur tumpukan sampah.

Bencana itu terjadi pada Sabtu malam di tempat pembuangan akhir (TPA) Koshe, di pinggiran Addis Ababa, Eithopia. Dari 48 korban tewas itu, sebagian adalah perempuan dan anak-anak.

TPA Koshe sudah berumur lebih dari 50 tahun dan sudah seharusnya tidak digunakan. Namun, menurut warga, pemerintah kota setempat masih memanfaatkannya untuk menampung sampah.

”Kami mengatakan kepada mereka untuk tidak membuang limbah di atas. Saya pikir keputusan pejabat kota untuk melanjutkan pembuangan (sampah) selama beberapa bulan ini adalah alasan utama untuk tragedi ini. Sejauh ini (longsor sampah) telah mengubur setidaknya 20 rumah,” Assefa Teklemahimanot, seorang warga setempat, sebagiaman dikutip Euronews, Senin (13/3/2017).

Menurut perkiraan penduduk setempat, sebanyak 150 orang diduga telah terkubur longsoran sampah. Wali Kota Addis Ababa Dirba Kuma kepada AFP mengatakan, sekitar 37 orang telah diselamatkan dari longsoran sampah.

Imbas dari bencana ini, Kuma mengumumkan rencana pemerintah untuk menghidupkan lagi program pemukiman. Tujuannya, untuk memindahkan banyak warga yang tinggal di sekitar TPA.

Menteri Komunikasi Ethopia Negeri Lencho mengatakan, bencana longsor sampah itu menjadi “cerita sedih” bagi negaranya.

Hingga kini, tim penyelamat terus mencari korban di tumpukan sampah. Pihak berwenang memperkirakan jumlah korban tewas akan terus bertambah.

”Kami rasa jumlah korban meningkat karena tanah longsor menutupi area yang relatif besar,” kata Dagmawit Moges, kepala biro komunikasi kota setempat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2491 seconds (0.1#10.140)