Setelah Warga, Ethiopia Desak Veteran Gabung dalam Perang Lawan Pemberontak Tigray

Sabtu, 06 November 2021 - 19:37 WIB
loading...
Setelah Warga, Ethiopia Desak Veteran Gabung dalam Perang Lawan Pemberontak Tigray
Ethiopia desak para veteran untuk kembali gabung dengan militer dalam perang melawan pemberontak Tigray. Foto/France24
A A A
ADDIS ABABA - Militer Ethiopia telah meminta mantan tentara untuk bergabung kembali dengan tentara dalam pertempuran untuk menahan laju pemberontak Tigray.

Seruan itu muncul saat pasukan pemberontak - yang dipelopori oleh Front Pembebasan Rakyat Tigray (TPLF) - bergerak maju menuju Ibu Kota, Addis Ababa.

Kementerian Pertahanan Ethiopia mendesak para veteran pada hari Jumat untuk mendaftar kembali di angkatan bersenjata guna melindungi negara dari konspirasi untuk menghancurkannya, seperti dikutip dari TRT World, Sabtu (6/11/2021).



Langkah itu dilakukan beberapa jam setelah sembilan kelompok yang mengatakan mereka berperang melawan pemerintah akan menandatangani kesepakatan di Washington untuk membentuk Front Persatuan Pasukan Federalis dan Konfederasi Ethiopia, menurut sebuah pernyataan.

Aliansi baru berusaha untuk membangun pengaturan transisi di Ethiopia sehingga perdana menteri dapat berangkat sesegera mungkin, penyelenggara Yohanees Abraha, yang bersama kelompok Tigray, mengatakan kepada kantor baru The Associated Press Kamis malam.

“Langkah selanjutnya, tentu saja, akan mulai bertemu dan berkomunikasi dengan negara, diplomat, dan aktor internasional di Ethiopia dan luar negeri,” katanya.

Dia mengatakan aliansi baru itu bersifat politik dan militer.



Sementara itu, Jaksa Agung Ethiopia Gedion Temothewos mengatakan bahwa kelompok-kelompok yang membentuk aliansi anti-pemerintah baru tidak memiliki basis dukungan di lapangan, menolak aliansi tersebut dan menyebutnya sebagai aksi publisitas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1888 seconds (0.1#10.140)