alexametrics

Malaysia Klaim Mampu Perang Lawan Korut dengan Bantuan Sekutu

loading...
Malaysia Klaim Mampu Perang Lawan Korut dengan Bantuan Sekutu
Malaysia Klaim Mampu Perang Lawan Korut dengan Bantuan Sekutu
A+ A-
KUALA LUMPUR - Malaysia mengklaim mampu melawan Korea Utara (Korut) dengan sedikit bantuan sekutunya. Klaim itu disampaikamn Menteri Pertahanan Malaysia Hishamuddin Hussein, Senin (13/3/2017).

Berbicara kepada wartawan di lobi parlemen, Hishamuddin mengatakan bahwa Malaysia memiliki keunggulan tersendiri dan akan mampu bergerak maju dalam situasi seperti perang dengan Korut.

”Kita tidak bisa melawan negara seperti Korut (dengan) diri kita sendiri, yang sedang berfokus pada begitu banyak aset pertahanan,” katanya.



”Tapi, kami memiliki keunggulan yang akan memungkinkan kami untuk bergerak maju, jangan berpikir kami hanya bergantung pada aset kami sendiri,” ujar dia. “Namun, lebih baik jika kita bergerak ke sana,” lanjut Menhan Hishamuddin.

Malaysia yakin banyak negara menjadi sekutunya jika terjadi sesuatu. Hishamuddin mencontohkan dalam kasus hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370, ada 26 negara yang bergerak untuk membantu operasi pencarian dan penyelamatan.

”Itu adalah keuntungan kami, jadi jangan khawatir tentang begitu banyaknya aset di negara kita,” imbuh dia, seperti dikutip The Star.

Menhan Malaysia yang masih kerabat dekat Perdana Menteri Najib Razak ini menambahkan bahwa kematian Kim Jong-nam—kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-un—di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) tidak sebesar seperti isu-isu internasional lainnya yang sedang berlangsung.

”Anda harus melihat ini dengan sudut pandang yang adil,” pintanya. Pembunuhan Kim Jong-nam telah memicu perselisihan kedua negara. Malaysia telah mengusir Duta Besar Korut dan dan menarik pulang duta besarnya dari Pyongyang.

Sementara itu, Korut juga telah melarang warga Malaysia meninggalkan negara itu. Hingga hari ini, masih ada sembilan warga Malaysia yang masih telantar di Korut. Sebagai balasan, Kuala Lumpur juga melarang warga Korut di Malaysia untuk meninggalkan negara tersebut.
(mas)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top