Teheran Tuduh Balik Kapal AS yang Memprovokasi Kapal Perang Iran

Kamis, 09 Maret 2017 - 03:20 WIB
Teheran Tuduh Balik Kapal AS yang Memprovokasi Kapal Perang Iran
Teheran Tuduh Balik Kapal AS yang Memprovokasi Kapal Perang Iran
A A A
TEHERAN - Teheran tak terima dituding Washington bahwa kapal-kapal perang mereka mendekati kapal Amerika Serikat (AS) di Selat Hormuz hingga terpaksa mengubah arah pada 4 Maret lalu. Teheran menuduh balik kapal AS yang sebenarnya memprovoksi kapal perang Iran.

Komandan Angkatan Laut Iran Letnan Mahdi Hashemi mengatakan kapal pelacak AS, USNS Invincible, melakukan manuver yang tidak profesional. Menurutnya, kapal AS bersama kapal-kapal Inggris sedang melintasi Selat Hormuz dan tiba-tiba mengubah rute untuk mendekati kapal-kapal perang milik Garda Revolusi Iran (IRGC).

”Dalam sebuah langkah tidak profesional dan manuver disertai dengan peringatan, mendekati kapal kami pada jarak 550 meter,” kata Hashemi yang menjadi komandan armada tempur Zolfaqar, seperti dikutip dari kantor berita Tasnim.

”Provokasi seperti ini dapat memiliki konsekuensi ireversibel,” lanjut Hashemi. Presiden Iran Hassan Rouhani pada hari Rabu kemarin juga mengeluarkan peringatan kepada AS, tanpa menyebutkan insiden tertentu.

”Jika musuh bodoh Iran berpikir tentang menyerang Iran, mereka harus tahu bahwa angkatan bersenjata kami jauh lebih kuat dibanding tahun 1980 ketika Irak menyerang,” katanya dalam pidato yang disiarkan langsung di stasiun televisi negara, sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (9/3/2017).

Baca Juga: Didekati Sekelompok Kapal Iran, Kapal Angkatan Laut AS Putar Arah

Sebelumnya, seorang pejabat AS menuduh kapal-kapal perang Garda Revolusi Iran mendekati kapal USNS Invincible. Manuver kapal-kapal Iran itu memaksa kapal USNS mengubah rute.

Juru bicara Pentagon Kapten Jeff Davis mengatakan bahwa interaksi berbahaya tersebut telah menimbulkan kekhawatiran. ”Karena mereka bisa memicu tindakan salah perhitungan atau melakukan provokasi yang disengaja,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5059 seconds (0.1#10.140)