Disandera Korut, Staf Kedutaan Malaysia: Jangan Khawatir, Kami Aman

Rabu, 08 Maret 2017 - 08:05 WIB
Disandera Korut, Staf...
Disandera Korut, Staf Kedutaan Malaysia: Jangan Khawatir, Kami Aman
A A A
KUALA LUMPUR - Seorang konselor di Kedutaan Besar Malaysia di Pyongyang, salah satu dari banyak warga Malaysia yang dilarang meninggalkan Korea Utara (Korut) mengirim pesan untuk pemerintah di Kuala Lumpur. Menurutnya, pemerintah dan publik Malaysia jangan khawatir karena kondisinya aman.

Pemerintah Malaysia menganggap tindakan Korut itu sebagai “penyanderaan”. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak telah mendesak Pyongyang untuk membebaskan seluruh warga Malaysia.

Aksi “penyanderaan” ini terjadi setelah kedua negara terlibat “perang diplomatik” yang dipicu pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-un, di Bandara Kuala Lumpur, 13 Februari lalu.

Konselor Kedutaan Malaysia yang mengirim pesan itu bernama Mohd Nor Azrin Md Zain. ”Kami sudah menghubungi mereka dan memperbarui kondisi dari waktu ke waktu, sehingga mereka tahu status kami di sini. Sekarang, jangan ada yang khawatir tentang (kami),” katanya melalui telepon, seperti dikutip The Star, Rabu (8/3/2017).

Pihak kerabat di Kuala Lumpur telah mengkhawatirkan keselamatan konselor Kedutaan Malaysia tersebut. Dia diyakini berada di Pyongyang bersama dengan istri dan tiga anak mereka.

Wakil Menteri Luar Negeri Malaysia Reezal Merican sebelumnya mengatakan kepada wartawan bahwa setiap orang di kedutaan diminta untuk meninggalkan Korut, tapi mereka dicegah otoritas setempat. Meski demikian, tidak ada ancaman langsung terhadap keselamatan mereka.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8589 seconds (0.1#10.140)