Misteri Baby Oil Siti Aisyah dan Ajal Abang Tiri Kim Jong-un

Minggu, 26 Februari 2017 - 00:16 WIB
Misteri Baby Oil Siti...
Misteri Baby Oil Siti Aisyah dan Ajal Abang Tiri Kim Jong-un
A A A
KUALA LUMPUR - Siti Aisyah, wanita Indonesia yang jadi tersangka pembunuhan Kim Jong-nam, 46, kakak tiri diktator Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, mengaku diberi cairan sejenis baby oil oleh seseorang. Kepolisian Diraja Malaysia mengonfirmasi bahwa cairan yang dikira baby oil itu sejatinya racun VX yang merenggut nyawa Kim Jong-nam.

Siti mengaku cairan itu diberikan oleh seseorang untuk adegan lelucon mirip “Just for Laugh”. Untuk menjalani adegan lelucon ini, Siti dibayar 400 ringgit atau sekitar Rp1,2 juta oleh seseorang yang identitasnya belum diketahui.

“Menurut dia, ada orang yang memberinya 400 ringgit (Rp1,2 juta) untuk melakukan kegiatan ini. Dia hanya mengatakan bahwa dia diberi sejenis minyak, seperti baby oil (minyak bayi),” kata Wakil Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Andriano Erwin, dalam konferensi pers di Kuala Lumpur setelah menemui Siti, pada Sabtu (25/2/2017), seperti dikutip AP.

Baca Juga: Siti Aisyah Dibayar Rp1,2 Juta untuk Lelucon Maut terhadap Kim Jong-nam

Diplomat Indonesia ini melakukan pertemuan dengan Siti selama 30 menit. Siti sendiri tidak tahu jika adegan lelucon itu untuk membunuh seseorang. Wanita asal Serang ini juga tidak tahu, jika target serangan dalam adegan lelucon tersebut ternyata abang tiri Kim Jong-un.

Menurut Kepolisian Diraja Malaysia, “baby oil” yang diberikan seseorang kepada Siti itu sebenarnya adalah agen VX, sebuah racun mematikan yang dikategorikan PBB sebagai senjata pemusnah massal. Agen atau gas VX pada umumnya hanya diproduksi di fasilitas militer di negara tertentu.

Meski demikian, Kepolisian Diraja Malaysia sebelumnya menyatakan Siti hanya berperan mengalihkan perhatian Kim Jong-nam yang diserang dari belakang oleh tersangka lainnya, yakni Doan Thi Huong, 28, wanita asal Vietnam. Keterangan awal ini mengacu pada rekaman CCTV di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA)2, Malaysia, tempat Kim Jong-nam diserang.

Doan pula yang terekam mengoleskan cairan yang diduga racun VX ke wajah Kim Jong-nam. Hal itu diperkuat pernyataan polisi bahwa Doan terkontaminasi racun VX, di mana wanita Vietnam ini mengalami muntah-muntah.

Kim Jong-nam diserang di KLIA2 pada 13 Februari lalu, ketika menunggu penerbangan ke Macau, China. Korban meninggal ketika dalam perjalanan menuju rumah sakit terdekat dari bandara. Sehari setelah serangan atau pada 14 Februari, Doan ditangkap polisi. Sedangkan Siti, ditangkap pada 15 Februari di sebuah kamar hotel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)