Malaysia Tolak Penyelidikan Bersama dengan Korut

Rabu, 22 Februari 2017 - 17:10 WIB
Malaysia Tolak Penyelidikan...
Malaysia Tolak Penyelidikan Bersama dengan Korut
A A A
KUALA LUMPUR - Pihak kepolisian Malaysia menolak tawaran otoritas Korea Utara (Korut) untuk melakukan penyelidikan bersama atas pembunuhan Kim Jong-nam. Hal itu ditegaskan oleh Kepala Kepolisian Malaysia, Inspektur Jenderal Polisi Khalid Abu Bakar.

"Tidak, itu adalah yurisdiksi kita, bukan milik mereka," katanya dalam konferensi pers di Bukit Aman seperti dikutip dari Free Malaysia Today, Rabu (22/2/2017).

Khalid mengeluarkan pernyataan itu menanggapi pertanyaan apakah Malaysia akan setuju dengan permintaan dari Duta Besar Korut Kang Chol untuk penyelidikan bersama dalam pembunuhan itu.

Chol sebelumnya menuntut agar Korut diizinkan untuk bergabung dalam penyelidikan kematian warga negaranya setelah menuduh Malaysia berkolusi dan bermain dengan kekuatan eksternal. Pemerintah Malaysia pun membantah tuduhan itu.

Kim Jong-nam tewas saat dalam perjalanan menuju rumah sakit. Sebelumnya, ia mendapat serangan dari dua orang wanita di Bandara Internasional Kuala Lumpur2 (KLIA2). Saat itu, ia tengah menunggu penerbangan dari Malaysia menuju Macau.

Sejauh ini, pihak kepolisian Malaysia telah menahan empat orang terkait kematian Jong-nam. Dua dari keempat tersangka adalah dua wanita yang menjadi tersangka pelaku pembunuh Jong-nam. Kedua wanita itu adalah warga negara asing, berasal dari Indonesia dan Vietnam. Sementara dua tersangka lain adalah laki-laki yang berasal dari Malaysia dan Korut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0486 seconds (0.1#10.140)