Presiden Azerbaijan Tunjuk Istri sebagai Wapres

Selasa, 21 Februari 2017 - 19:15 WIB
Presiden Azerbaijan Tunjuk Istri sebagai Wapres
Presiden Azerbaijan Tunjuk Istri sebagai Wapres
A A A
BAKU - Presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev menunjuk sang istri, Mehriban Aliyev untuk menjadi Wakil Presiden pertama Azerbaijan. Penunjukan Meriban tertuang dalam dekrit Presiden yang diterbikan kantor Kepresidenan Azerbaijan.
Namun, seperti dilansis Reuters pada Selasa (21/2), dekrit ini tidak menentukan tugas apa yang akan diemban Mehriban di pos barunya, meskipun konstitusi menyatakan Wakil Presiden pertama akan mewakili Presiden ketika Presiden sedang tidak berada di dalam negeri.
Azerbaijan sendiri memiliki beberapa wakil Presiden. Namun, sejauh ini baru posisi Wakil Presiden pertama yang sudah diisi, sementara posisi lainnya masih kosong.Pos-pos Wakil Presiden dan Wakil Presiden pertama, yang merupakan posisi yang lebih senior diperkenalkan tahun lalu, setelah adanya referendum konstitusi yang membuka jalan bagi Presiden untuk menyerahkan kekuasannya kepada siapapun, jika ia tak mampu lagi untuk bekerja.
Referendum juga memperpanjang masa kerja Presiden dari sebelumnya lima, menjadi tujuh tahun. Ilham Aliyev sendiri diekatahui mulai berkuasa pada tahun 2003. Dia menggantikan posisinya ayahnya Heydar Aliyev, yang memerintah negara kaya minyak itu sejak tahun 1993.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3013 seconds (0.1#10.140)