Irlandia Bersiap Akui Kedaulatan Palestina

Kamis, 09 Februari 2017 - 20:04 WIB
Irlandia Bersiap Akui Kedaulatan Palestina
Irlandia Bersiap Akui Kedaulatan Palestina
A A A
DUBLIN - Pemerintah Irlandia dilaporan tengah bersiap untuk mengumumkan pengakuan atas kedaulatan Palestina. Laporan itu tertuang dalam pesan yang disampaikan oleh Duta Besar Israel untuk Irlandia, Ze'ev Boker kepada Tel Aviv.

Dalam pesan yang disampaikan Boker kepada pemerintah Israel, seperti dilansir Times of Israel pada Kamis (9/2), disebutkan Dublin dalam waktu dekat kemungkinan besar akan mengumumkan hal tersebut.

"Pemerintah Irlandia telah beberapa kali ingin menyatakan pengakuan atas Palestina. Dan, dengan munculnya rancangan undang-undang pemukiman baru di Israel, pengakuan ini tampaknya akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat," bunyi pesan Boker.

Pesan Boker itu merujuk pada RUU pemukiman baru Israel yang mengizinkan pemerintah Israel dan pemukim Yahudi untuk merebut tanah Palestina dan membangun pemukiman baru di sana.

Sementara itu, Boker dalam pesannya juga menyarankan pemerintah Israel untuk meminta pemerintah Amerika Serikat (AS) agar mendesak Irlandia membatalkan pengakuan tersebut.

Irlandia sendiri merupakan negara Eropa pertama yang mengakui Organisasi Pembebasan Palestina dan secara tradisional menjadi salah satu kritikus paling keras Israel di Uni Eropa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5781 seconds (0.1#10.140)