Soal TPP, Indonesia Belum Ambil Keputusan

Kamis, 26 Januari 2017 - 16:25 WIB
Soal TPP, Indonesia Belum Ambil Keputusan
Soal TPP, Indonesia Belum Ambil Keputusan
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, angkat bicara mengenai Trans Pacific Partnersip atau TPP. Indonesia sempat disebut-sebut tertarik untuk bergabung dengan kesepakatan perdagangan tersebut.

Retno mengatakan pemerintah Indonesia sampai saat ini masih terus mempertimbangkan berbagai kemungkinan sebelum akhirnya mengambil keputusan untuk bergabung, terlebih dengan mundurnya Amerika Serikat (AS) dari kerjasama itu.

"Kita lihat dulu TPP jalan atau tidak. Ada klausul yang mengatakan jika TPP tidak dapat diimplementasikan kalau 80 atau 85 persen dari GDP negara anggota tidak meratifikasi," ucap Retno pada Kamis (26/1/2017).

"Kalau AS sudah memutuskan untuk meratifikasi, AS sendiri sudah 60 persen dari total GDP. Tapi intinya AS itu majority yang berarti sebenernya kalau AS sudah memutuskan tidak jadi meratifikasi TPP maka tidak akan terpenuhi yang 80 persen itu. Dari situ dulu aja," sambungnya.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu menambahkan, jika memang TPP pada akhirnya diputuskan akan dilanjutkan, maka harus ada negosiasi ulang.

Sementara itu, terkait dengan kabar mengenai adanya undangan dari pemerintah Australia kepada Indonesia untuk bergabung dalam kerjasama tersebut, Retno menyebut sejauh ini tidak ada undangan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4556 seconds (0.1#10.140)