Israel: Kami Hanya Evaluasi Hubungan dengan Anggota DK PBB

Selasa, 27 Desember 2016 - 19:19 WIB
Israel: Kami Hanya Evaluasi Hubungan dengan Anggota DK PBB
Israel: Kami Hanya Evaluasi Hubungan dengan Anggota DK PBB
A A A
YERUSALEM - Kementerian Luar Negeri Israel menyatakan, mereka tidak menghentikan hubungan dengan negara-negara anggota Dewan Keamanan (DK) PBB yang memliki hubungan diplomatik dengan mereka. Israel mengaku hanya tengah mengevaluasi hubungan negara tersebut, sebagai respon atas resolusi DK PBB soal permukiman Israel di tanah Palestina.
Setidaknya ada 11 negara anggota DK PBB yang memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Negara-negara tersebut antara lain Amerika Serikat (AS), Inggris, China, Rusia, Prancis, Mesir, Jepang, Uruguay, Spanyol, Ukraina dan Selandia Baru.
"Israel untuk sementara mengurangi hubungan, dengan mengurangi kunjungan kerja, dan kerjsama dengan pihak kedutaan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel, Emmanuel Nahason, seperti dilansir manilatimes pada Selasa (27/12).
Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Israel, Tzipi Hotovely khawatir bahwa Israel akan kehilangan kesempatan untuk menjelaskan posisinya dengan membatalkan kunjungan ke sejumlah negara. Tapi, dia tetap mendukung keputusan ini, dengan menyebut dunia tidak bisa mengancam Israel.
"Negara-negara itu harus tidak diberikan kesempatan mengunjungi Israel untuk belajar tentang memerangi teror, pertahanan cyber, dan teknologi pertanian, dan di PBB mereka bisa melakukan apapun yang mereka suka," katanya.
Sebelumnya diberitakan, Israel dikabarkan telah menghentikan hubungan dengan negara yang mendukung resolusi anti-Israel. Langkah kementerian itu atas permintaan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.
Menteri luar negeri dan Duta Besar dari negara anggota DK PBB tidak akan diterima di Kementerian Luar Negeri Israel selama hubungan kerja dihentikan. Menurut Times of Israel, para diplomat itu juga tidak akan diperkenankan melakukan pertemuan dengan Netanyahu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6080 seconds (0.1#10.140)
pixels