Jenazah Dubes Rusia untuk Turki Diterbangkan ke Moskow

Rabu, 21 Desember 2016 - 09:20 WIB
Jenazah Dubes Rusia...
Jenazah Dubes Rusia untuk Turki Diterbangkan ke Moskow
A A A
ANKARA - Jenazah duta besar Rusia yang tewas ditembak oleh seorang polisi Turki di Ankara telah diterbangkan ke Rusia. Andrei Karlov ditembak oleh Mevlut Mert Altintas sembilan kali saat ia memberikan pidato. Diduga Altintas melakukan aksi itu sebagai protes atas keterlibatan Rusia di Aleppo.

Pada Selasa sore, peti mati Karlov yang terbungkus bendera Rusia di bawa ke bandara Esenboga. Peti jenzah di kawal oleh enam tentara Turki seperti dikutip dari BBC, Rabu (21/12/2016).

Sebuah upacara singkat dilakukan untuk melepas jenazah Karlov. Upacara itu dihadiri oleh sejumlah diplomat Ankara dan Wakil Perdana Menteri Turki Tugrul Turkes.

Dalam adegan yang sangat tidak biasa bagi sebuah negara Muslim, seorang imam Ortodoks Rusia mengucapkan doa dan mengayunkan dupa di atas peti mati. Sementara seorang tentara Turki berdiri memegang gambar diplomat yang tewas dibunuh dan janda Karlov, Marina, terlihat menangis.

Marina Karlova hadir dan ikut menyaksikan ketika Altintas menembaki suaminya, yang mengambil postingan di Ankara pada tahun 2013.

Dalam kesempatan itu, Turkes memberikan pidato sebagai bentuk penghormatan kepada Karlov. Ia menggambarkan Karlov sebagai orang yang telah menjadi simbol abadi persahabatan Turki-Rusia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)