Bocah 12 Tahun Coba Ledakkan Bom di Pasar Natal Jerman

Sabtu, 17 Desember 2016 - 10:22 WIB
Bocah 12 Tahun Coba Ledakkan Bom di Pasar Natal Jerman
Bocah 12 Tahun Coba Ledakkan Bom di Pasar Natal Jerman
A A A
BERLIN - Seorang anak keturunan Irak berusia 12 tahun mencoba meledakkan bom di sebuah pasar Natal di Ludwigshafen, Jerman. Ia juga menanam perangkat peledak lain di dekat balai kota beberapa hari kemudian.

Majalah Fokus Jerman, mengutip sumber pengadilan dan keamanan, mengatakan anak itu sangat radikal. Ia tampaknya telah diperintahkan oleh anggota kelompok militan ISIS yang hingga kini belum diketahui.

Seorang juru bicara Kantor Federal Jaksa Penuntut Umum di Karlsruhe menegaskan bahwa pejabat tengah menyelidiki kasus ini. Namun ia menolak untuk mengomentari kemungkinan soal jaringan kelompok ISIS seperti dikutip dari Middle East Monitor, Sabtu (17/12/2016).

"Tidak ada yang terluka dalam salah satu insiden. Anak laki-laki itu, lahir di Ludwigshafen pada tahun 2004, di bawah usia pertanggungjawaban pidana berarti tidak ada proses resmi diluncurkan terhadap dirinya," terang Jaksa Penuntut Umum Hubert Stroeber.

Stroeber menambahkan bahwa kantor kesejahteraan pemuda yang mengurusi masalah anak dan Kejaksaan Federal bertugas menyelidiki apakah ada tersangka terkait dengannya. Ia mengatakan anak itu meninggalkan ransel berisi bom paku buatan sendiri di pasar Natal pada 26 November, tetapi perangkat meledak karena detonatornya ternyata gagal.

"Ia kemudian menanam alat peledak lain di dekat balai kota dari Ludwigshafen pada 5 Desember tapi seorang informan menelepon polisi dan spesialis bom berhasil menjinakkannya," katanya.

Laporan majalah Focus mengatakan bukti menunjukkan jika anak itu memiliki pemikiran tentang perjalanan ke Suriah pada musim panas lalu untuk bergabung dengan militan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5256 seconds (0.1#10.140)