Teleponan dengan Trump, Duterte Merasa seperti Orang Suci

Kamis, 08 Desember 2016 - 16:37 WIB
Teleponan dengan Trump,...
Teleponan dengan Trump, Duterte Merasa seperti Orang Suci
A A A
MANILA - Presiden Filipina Rodrigo Duterte merasa “seperti orang suci” setelah berbicara dengan Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump melalui telepon pekan lalu. Dalam percakapan telepon itu, Duterte mengklaim bahwa Trump memujinya karena melakukan pekerjaan baik dalam perang melawan narkoba.

Duterte dan Trump berbicara via telepon pada 2 Desember 2016, di mana Presiden Filipina itu mengucapkan selamat kepada Trump yang terpilih sebagai Presiden AS pengganti Barack Obama. Duterte juga mengeluhkan sikap AS di bawah pemerintahan Obama yang mengkritik perang melawan narkoba karena korban tewas begitu banyak.

Menurut Duterte, Trump telah memintanya untuk tidak khawatir tentang kritik AS. ”Anda berbuat baik, majulah,” katanya mengutip pujian Trump, seperti dikutip Associated Press, Kamis (8/12/2016).

Presiden Filipina berjuluk “the punisher” atau “penghukum” ini menambahkan bahwa dirinya diundang Trump untuk mengunjungi AS dan minum kopi di Washington. Trump, kata Duterte, ingin meminta saran bagaimana menghadapi media, kritikus dan publik.

Kedua pemimpin ini juga sepakat untuk memperbaiki hubungan kedua negara yang sempat memburuk. ”Kami harus memperbaiki hubungan buruk kami,” kata Duterte menirukan ucapan Trump.

Presiden Filipina ini terkesan dengan Trump yang bersikap baik kepadanya.”Saya merasa seperti orang suci,” ujarnya. Percakapan telepon Duterte dengan Trump berlangsung sekitar tujuh menit.

Duterte sempat kesal dengan pemerintah Obama dan negara-negara Barat yang ingin agar dirinya diseret ke Pengadilan Kriminal Internasional atas perang melawan narkoba yang memicu pembunuhan di luar hukum. Perang melawan narkoba di Filipina dilaporkan telah menewaskan lebih dari 4 ribu orang baik pengguna maupun gembong narkoba.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8906 seconds (0.1#10.140)