Gempa 7,3 Magnitudo Guncang Fukushima, Peringatan Tsunami Dikeluarkan

Selasa, 22 November 2016 - 07:19 WIB
Gempa 7,3 Magnitudo Guncang Fukushima, Peringatan Tsunami Dikeluarkan
Gempa 7,3 Magnitudo Guncang Fukushima, Peringatan Tsunami Dikeluarkan
A A A
FUKUSHIMA - Sebuah gempa 7,3 magnitudo telah mengguncang Prefektur Fukushima di Jepang, Selasa (22/11/2016). Badan Meteorologi Jepang (JAM) memperingatkan bahwa gelombang tsunami setinggi tiga meter bisa terjadi menyusul gempa besar ini.

JAM juga memerintahkan semua warga di sekitar lokasi gempa dievakuasi sekarang. Gempa melanda sebuah wilayah 67km sebelah timur laut dari Iwaki, sebuah kota yang terletak di bagian selatan dari pesisir Hamadori, Prefektur Fukushima, Jepang.

Gempa besar ini memicu keresahan warga Jepang, karena reaktor nuklir berada di Fukushima. Menurut JAM, gempa terjadi pukul 05.59 waktu Jepang pada kedalaman 10km.

”Peringatan tsunami berlaku saat ini,” bunyi peringatan JAM. Warga di dekat pantai yang belum sempat dievakuasi diminta segera mengungsi ke lokasi yang lebih tinggi.
Menurut peringatan JAM, gelombang tsunami diperkirakan akan terjadi berulang kali dalam waktu dekat di kawasan Fukushima.

”Kerusakan akibat gelombang tsunami bisa diperkirakan. Evakuasi segera dari daerah pesisir dan daerah tepi sungai ke tempat yang lebih aman seperti dataran tinggi atau bangunan lokasi evakuasi. Gelombang tsunami diperkirakan terjadi berulang kali. Jangan meninggalkan lokasi aman sampai peringatan dicabut,” lanjut peringatan JMA.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik juga mengeluarkan pesan bahwa tsunami juga berpotensi melanda wilayah lain dari kawasan Pasifik.”Ancaman tsunami untuk bagian lain dari yang kawasan Pasifik yang dekat dengan gempa,” kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik. Menurut pusat itu, negara bagian Hawaii, AS, tidak terancam tsunami akibat gempa Jepang ini.

Kantor berita NHK, juga mengeluarkan peringatan kepada warga di kawasan pantai Fukushima untuk segera meninggalkan kawasan pantai.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6459 seconds (0.1#10.140)