Soal Transisi Pemerintahan, Obama Tiru Langkah Bush

Kamis, 10 November 2016 - 16:45 WIB
Soal Transisi Pemerintahan,...
Soal Transisi Pemerintahan, Obama Tiru Langkah Bush
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama meniru langkah George W. Bush terkait dengan persiapan transisi pemerintahan. Tahun 2008 lalu, Bush mengundang Obama untuk bertemu di Gedung Putih, tidak lama setelah Obama dipastikan menang dalam pilpres AS. Bush mengundang Obama untuk membahas persiapan transisi pemerintahan.
Menurut Obama, langkah semacam ini sangat efektif untuk mengikis perbedaan antara dia dan Bush dahulu kala. Ia berharap, hal ini juga akan berlaku saat dia melakukan pertemuan dengan Donald Trump.
"Delapan tahun lalu, Presiden Bush dan saya memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan, namun tim Presiden Bush bekerja sangat profesional dan ramah dalam memastikan kami memiliki kelancaran transisi," kata Obama.
Melansir Reuters pada Kamis (10/11), Obama dan Trump dijadwalkan akan bertemu pada pukul 11.00 waktu setempat, atau menjelang tengah malam waktu Indonesia barat. Istri dari keduanya, yakni Michelee Obama dan Melania Trump dilaporkan juga akan melakukan pertemuan di waktu yang sama.
Juru bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan, dalam pertemuan tersebut Obama rencananya akan memberikan penjelasan kepada Trump tentang manfaat kebijakan yang diterapkan pemerintah saat ini.
"Ada tradisi, terutama yang berkaitan dengan perjanjian eksekutif, Presiden selanjutnya pada umumnya akan melestarikan beberapa unsur kontinuitas," kata Earnest.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9659 seconds (0.1#10.140)