ISIS Siapkan Pertahanan Menakutkan di Mosul

Minggu, 06 November 2016 - 08:58 WIB
ISIS Siapkan Pertahanan...
ISIS Siapkan Pertahanan Menakutkan di Mosul
A A A
WASHINGTON - Gambar citra satelit baru menunjukkan jika militan ISIS telah menyiapkan pertahanan menakutkan di Mosul. ISIS membuat semacam rawa untuk menghambat gerak laju pasukan Irak.

Foto ini diambil pada Senin dan dipublikasikan pada akhir pekan lalu oleh perusahaan intelijen swasta berbasis di Texas, Stratfor. Dalam foto tersebut terlihat militan ISIS membuat barikade dengan beton, menanggul tanah dan puing-puing untuk memblokir rute utama yang mengarah ke pusat kota seperti dikutip dari Fox News, Minggu (6/11/2016).

Militan ISIS juga telah membersihkan medan dan bangunan di sekitar bandara Mosul serta meratakan bekas pangkalan militer terdekat di tepi barat Sungai Tigris. Menurut Stratfor, kelompok ini kemungkinan akan membuat dinding untuk menargetkan pasukan Irak dan memberik mereka ruang terbuka untuk menembak pasukan dari jauh.

Dikatakan oleh Stratfor, pertahanan ini akan menimbulkan tantangan taktis substansial untuk pasukan Irak karena mereka membuat jalan menuju pusat kota yang dikuasai ISIS sejak Juli 2014.

Sekitar 50 ribu personil pasukan keamanan Irak, pejuang Peshmerga Kurdi, suku Arab Sunni, dan milisi Syiah terlibat dalam serangan merebut Mosul yang dimulai dua minggu lalu. Mereka berusaha untuk mengusir militan ISIS dari kubu terakhir kelompok ekstrimis itu di Irak.

Sebelum serangan dimulai pada 17 Oktober, diyakini ada antara 3.000 dan 5.000 militan yang tersisa di Mosul, bersama dengan 1,5 juta warga sipil. Sejauh ini, lebih dari 17.700 warga telah mengungsi dan, menurut skenario terburuk PBB, sebanyak 700.000 orang lain akan mengikutinya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)