Obama: Militer Terkuat, AS Sangat Dibutuhkan Dunia

Minggu, 06 November 2016 - 06:41 WIB
Obama: Militer Terkuat, AS Sangat Dibutuhkan Dunia
Obama: Militer Terkuat, AS Sangat Dibutuhkan Dunia
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, mengatakan bahwa AS merupakan negara yang sangat dibutuhkan di dunia. Obama mengklaim, militer AS terkuat di dunia sehingga bisa mengatasi perilaku buruk negara atau pihak lain.

“Amerika adalah bangsa yang sangat diperlukan, yang memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan di dunia. Berkah untuk memiliki kekuatan militer yang paling kuat,” kata Obama di acara Real Time HBO yang dipandu Bill Maher.

Wawancara dengan Obama itu difokuskan pada warisan politik dan masalah domestik. Obama sebagai komandan tertinggi juga ditanya mengapa AS membutuhkan militer yang menelan biaya lebih dari USD600 miliar per tahun.

”AS memiliki militer paling kuat di Bumi, membantu sampai memeriksa impuls dari beberapa orang buruk lain,” kata Obama, yang memberikan contoh pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan program senjata nuklirnya.

Obama melanjutkan, AS memiliki kecenderungan alami untuk ikut canpur masalah secara global. ”Hal-hal buruk terjadi di seluruh dunia dan insting alami kami adalah; kami harus melakukan sesuatu,” katanya, seperti dikutip Russia Today, semalam (5/11/2016).

“Ada saat-saat di mana intervensi kami membuat perbedaan, tetapi ada banyak kali di mana konsekuensi yang tidak diinginkan dapat mengakibatkan lebih banyak masalah ketika kami melakukan intervensi. Dan memilah mana isu-isu tersebut untuk bermain. Saya pikir itu salah satu tantangan terbesar selama pengalaman menjadi presiden,” ujar Obama.

Tapi, Obama tidak merinci intervensi militer AS mana saja yang menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan. Kendati demikian, tindakan militer AS bersama NATO tahun 2011 dianggap telah membuat Libya menjadi negara kacau hingga saat ini.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4819 seconds (0.1#10.140)