Jejak Dinosaurus Sebesar Manusia Ditemukan di Mongolia

Sabtu, 01 Oktober 2016 - 03:36 WIB
Jejak Dinosaurus Sebesar Manusia Ditemukan di Mongolia
Jejak Dinosaurus Sebesar Manusia Ditemukan di Mongolia
A A A
ULAN BATOR - Arkeolog menemukan salah satu jejak kaki dinosaurus terbesar yang pernah tercatat do Gurun Gobi. Temuan ini memberikan petunjuk baru tentang makhluk raksasa yang berkeliaran di bumi jutaan tahun yang lalu.

Sebuah ekspedisi bersama antara Mongolia-Jepang menemukan jejak raksasa dengan panjang 106 cm dan lebar 77 cm. Ini merupakan salah satu dari beberapa jejak kaki yang ditemukan di padang pasir Mongolia yang luas. Sebelumnya, pada bulan lalu, fosil besar ditemukan di lapisan geologi yang terbentuk antara 70 juta dan 90 juta tahun lalu, kata para peneliti seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (1/10/2016).

Cetakan alami itu terbentuk akibat hentakan sebuah makhluk di atas tanah yang berlumpur. Jejak tapak kaki itu diyakini milik Titanosaurus, dinosaurus berleher panjang, yang mempunyai panjang 30 meter dan tinggi 20 meter.

"Ini adalah penemuan yang sangat langka dimana jejak fosil terawat baik dengan panjang lebih dari satu meter lengkap dengan jejak dari cakarnya," bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Okayama University of Science. Universitas Jepang tersebut terlibat dalam studi penelitian itu dengan Mongolia Academy of Science.

Titanosaurs adalah dinosaurus pemakan tumbuhan yang hidup sekitar 67 juta tahun yang lalu. Mereka bisa tumbuh menjadi 15 kaki, tidak termasuk leher dan kepala mereka. Panjang mereka bisa mencapai 50 kaki.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6830 seconds (0.1#10.140)