Imam Masjidil Haram: Terorisme Tidak Memiliki Agama

Senin, 12 September 2016 - 13:19 WIB
Imam Masjidil Haram: Terorisme Tidak Memiliki Agama
Imam Masjidil Haram: Terorisme Tidak Memiliki Agama
A A A
MEKAH - Imam masjidil Haram, Imam-e-Ka'bah Abdul Rahman al-Sudais menuturkan, terorisme tidak dapat dihubungkan dengan agama atau bangsa tertentu. Menurutnya, semua agama, terlebih Islam mengajarkan kebaikan dan perdamaian.

Berbicara saat menyampaikan khotban di Arafat, Abdul Rahman al-Sudais menyampaikan, Islam adalah agama damai, dan tidak memiliki hubungan dengan terorisme.

"Penguasa Muslim harus mengatasi masalah kolektif dan menyadari tanggung jawab mereka. Terorisme adalah masalah terbesar dan Islam tidak memiliki kaitan dengan itu. Teroris tidak memiliki agama," katanya, seperti dilansir Tribune pada Senin (12/9).

"Islam menjamin hak setiap manusia dan setiap manusia memiliki hak yang sama. Ajaran Islam didasarkan pada keadilan dan kesetaraan. Nabi Muhammad SAW mengeluarkan manifesto dasar Islam dan hak asasi manusia dalam khotbah terakhirnya dan mengatakan tidak ada perbedaan antara setiap orang Arab dan non-Arab, hitam dan putih, kaya dan miskin," sambungnya.

Dia mendesak persatuan di antara umat Islam dan memperingatkan tentang ideologi menyimpang, serta mengingatkan para orang tua, guru dan ulama tanggung jawab yang mereka miliki dalam menjaga anak-anak muda dari paham radikal.

"Muslim melewati waktu yang sulit, dan kita dapat mengatasi kesulitan-kesulitan ini hanya bila kita bersatu. Ibadah haji memberikan pesan persatuan dan peziarah harus menjaga semangat ini di kota-kota asal mereka," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3344 seconds (0.1#10.140)