Dituding AS Ancam Kapalnya, Iran: Itu Bohong

Senin, 12 September 2016 - 13:06 WIB
Dituding AS Ancam Kapalnya, Iran: Itu Bohong
Dituding AS Ancam Kapalnya, Iran: Itu Bohong
A A A
TEHERAN - Militer Iran mengatakan, tudingan Amerika Serikat (AS) terhadap mereka adalah sesuatu hal yang tidak benar. AS menuding kapal perang Iran telah mengancam kapal perang AS yang melintas di Teluk Persia.
"Kapal Iran terus bertindak berdasarkan standar yang ditetapkan dan sangat menyadari hukum dan peraturan internasional, sehingga klaim tidak hanya benar, tetapi berasal dari ketakutan mereka terhadap kekuatan tentara Iran," kata wakil kepala staff Garda Revolusi Iran, Brigadir Jenderal Masoud Jazayeri.
Pentagon pekan lalu mengatakan, tujuh kapal cepat Iran mendekati USS Firebolt pada 4 September. Kapal-kapal Iran itu mendakat USS Firebolt dengan senjata aktif, ytang siap digunakan.
Insiden ini setidaknya merupakan insiden kelima diungkapkan oleh Pentagon pada bulan lalu, dengan para pejabat militer AS berulang kali mengkritik militer Iran untuk perilakunya di Teluk.
Namun, Jayazeri menyebut apa yang diutarakan oleh AS terlalu berlebihan. Dirinya kembali menegaskan, tidak ada ancaman yang diberikan oleh kapal Iran, dan kapal-kapal Iran selalu bermanuver sesuai dengan hukum internasional.
"Ketika kapal Iran melewati mereka pada jarak beberapa kilometer, Amerika mengklaim bahwa kapal Iran telah mendekati mereka dalam kisaran satu kilometer," katanya.
"Korps Marinir Iran tidak akan pernah dihentikan oleh propaganda musuh ekstra-regional dan pengikut mereka di wilayah tersebut dalam mengawal perbatasan laut Iran dan kepentingan ekonomi kami," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5970 seconds (0.1#10.140)