China Kecam Uji Coba Nuklir Korut

Jum'at, 09 September 2016 - 15:11 WIB
China Kecam Uji Coba Nuklir Korut
China Kecam Uji Coba Nuklir Korut
A A A
BEIJING - Kementerian luar negeri China mengeluarkan pernyataan yang mengecam uji coba nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut). Pernyataan ini sekaligus menunjukkan sikap oposisi China terhadap kebijakan nuklir Korut.

"Hari ini Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK), terlepas dari sikap oposisi universal masyarakat internasional, kembali melakukan uji coba nuklir dimana pemerintah China dengan tegas menentangnya," bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (9/9/2016).

"Kami mendesak pihak DPRK untuk menghormati komitmen untuk denuklirisasi, mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan dan menghentikan setiap langkah yang bisa memperburuk situasi," demikian pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri China.

Televisi nasional Korut sebelumnya melaporkan bahwa negara itu telah melakukan uji coba hulu ledak nuklir. Ini adalah uji coba nuklir kelima yang dilakukan Pyongyang, dan dilakukan dalam delapan bulan terakhir.

Uji coba nuklir ini hanya berselang 4 hari dari uji coba peluncuran rudal balistik yang dilakukan oleh Korut. Awal pekan lalu, Korut meluncurkan 3 rudal balistik yang juga memicu kecaman dari dunia internasional dan DK PBB.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6831 seconds (0.1#10.140)