DK PBB Kutuk Uji Coba Rudal Balistik Korut

Sabtu, 27 Agustus 2016 - 13:18 WIB
DK PBB Kutuk Uji Coba Rudal Balistik Korut
DK PBB Kutuk Uji Coba Rudal Balistik Korut
A A A
NEW YORK - Dewan Keamanan (DK) PBB mengecam keras peluncuran rudal balistik yang dilakukan Korea Utara (Korut). DK PBB menyebut aktivitas tersebut sebagai pelanggaran berat terhadap larangan semua aktivitas rudal balistik.

Dalam pernyataan pers yang disetujui oleh semua 15 anggota DK PBB menyesalkan fakta bahwa kegiatan rudal balistik Korut berkontribusi terhadap pengembangan sistem senjata nuklir. Selain itu, hal itu juga meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea dan di kawasan Asia Timur seperti dikutip dari New York Times, Sabtu (27/8/2016).

DK PBB menyatakan keprihatinan yang serius bahwa Korut melakukan uji coba setelah melakukan enam tes rudal balistik antara April dan Juni. Hal ini sebuah pengabaian yang mencolok dari pernyataan berulang kali DK PBB untuk menghentikan peluncuran tersebut serta uji coba nuklir yang melanggar resolusi PBB.

Dalam pernyataannya, DK PBB mendesak negara-negara anggota untuk melipatgandakan upaya untuk memberlakukan sanksi terhadap Korut, termasuk langkah-langkah terbaru dan sanksi terberat yang dikenakan oleh Dewan pada bulan Maret lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5253 seconds (0.1#10.140)