Terkait Gulen, Departemen Kehakiman AS Kirim Tim ke Turki

Sabtu, 20 Agustus 2016 - 07:15 WIB
Terkait Gulen, Departemen Kehakiman AS Kirim Tim ke Turki
Terkait Gulen, Departemen Kehakiman AS Kirim Tim ke Turki
A A A
WASHINGTON - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) akan mengirim tim ke Turki dalam beberapa hari mendatang. Hal itu dilakukan untuk melakukan penyelidikan terhadap tuduhan kegiatan krimian yang dilontarkan Ankara terhadap Fethullah Gulen.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang pejabat pemerintahan Obama. Pejabat itu mengatakan Turki tidak mengajukan bukti remsi kepada Departemen Kehakiman sejauh mana keterlibatan Gulen dalam usaha kudeta pada 15 Juli lalu. Sebaliknya, bukti yang diberikan terfokus pada dugaan merencanakan dan perilaku kriminal yang dilakukan Gulen sebelum kudeta seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (20/8/2016).

Pengiriman tim Departemen Kehakiman kemungkinan dimaksudkan untuk memberikan jaminan kepada Presiden Turki, Tayyep Erdogan, bahwa AS telah menanggapi secara serius permintaan ekstradisi Turki. Sebelumnya, pada Kamis lalu, Erdogan memperingatkan AS bahwa sebagai mitra strategis seharusnya negara itu harus menyerahkan Gulen.

Erdogan sendiri secara pribadi telah melobi Presiden Barack Obama untuk menyerahkan Gulen. Turki menuding gerakan Gulen sebagai organisasi teroris. Namun pemerintah Obama mengatakan kepada Turki untuk memberikan bukti yang jelas terkait tudingan itu untuk memenuhi persyaratan serta ketentuan proses ekstradisi AS-Turki.

Gulen sendiri telah membantah terlibat dalam upaya kudetan yang gagal di Turki. Sebaliknya, pria berusia 75 tahun itu mengutuk aksi yang dilakukan oleh sekelompok kecil tentara Turki itu dan menewaskan 240 orang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5929 seconds (0.1#10.140)