ISIS Dituduh Eksekusi 6 Orang dengan Diceburkan di Tar Mendidih

Selasa, 16 Agustus 2016 - 11:30 WIB
ISIS Dituduh Eksekusi 6 Orang dengan Diceburkan di Tar Mendidih
ISIS Dituduh Eksekusi 6 Orang dengan Diceburkan di Tar Mendidih
A A A
MOSUL - Kelompok Islamic State atau ISIS dituduh mengeksekusi enam orang di Mosul, Irak, dengan menceburkan para korban di cairan tar mendidih. Enam orang yang dieksekusi dikenai dituding sebagai “mata-mata” Kurdi.

Tuduhan itu muncul dalam laporan Iraq News. Eksekusi dengan cairan kimia mendidih dilakukan di depan umum untuk membuat warga Mosul takut.

Laporan ini muncul beberapa hari setelah kelompok ISIS dilaporkan menggunakan gas mustard di garis depan pertempuran di Mosul. Menurut laporan media Irak yang mengutip sumber di Mosul menyatakan bahwa enam orang dieksekusi ISIS karena bekerja sama dengan Komando Operasi Niniwe, sebuah komando pasukan Kurdi di Irak.

“Hukuman mati itu dikeluarkan (oleh) Pengadilan Syriah ISIS,” tulis media Irak itu.

”Enam orang ditempatkan di dalam tangki berisi tar mendidih dan eksekusi dilakukan di salah satu markas ISIS di al-Shora,” lanjut laporan itu, yang dikutip Daily Mirror, semalam (15/8/2016).

”Eksekusi berlangsung di depan umum dan hal itu dilakukan dengan tujuan menghasut ketakutan di antara warga.”

Penggunaan cairan kimia panas mirip dengan metode penyiksaan abad pertengahan. Dampak cairan panas itu bisa merusak jaringan kulit hingga paru-paru.

Penggunaan senjata kimia mematikan telah dilarang secara internasional oleh PBB. Namun masih kerap digunakan ISIS dalam melawan pasukan Kurdi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5435 seconds (0.1#10.140)