ISIS Diduga Organisir Puluhan Ribu Migran di Mediterania

Kamis, 04 Agustus 2016 - 00:10 WIB
ISIS Diduga Organisir Puluhan Ribu Migran di Mediterania
ISIS Diduga Organisir Puluhan Ribu Migran di Mediterania
A A A
ROMA - Italia tengah menyelidiki keterlibatan ISIS dalam mengorganisir puluhan ribu migran di Mediterania. Hal tersebut diungkapkan Menteri Kehakiman Italia menanggapi arus migran yang menyebrang ke Eropa.

"Dari informasi yang tersedia, investigasi yang telah berlangsung difokuskan pada apakah aliansi ISIS memiliki peran penting dalam mengendalikan dan mengelola aliran migran ke Italia," kata Andrea Orlando kepada komite parlemen Italia dikutip dari Reuters, Rabu (3/8/2016).

Dalam sidang dengar pendapat terkait imigrasi, Orlando mengatakan bahwa penyelidikan terhadap wilayah Schengen Eropa dan aktivitas dari polisi Eropa, Europol, saat ini masih bersifat rahasia.

"Risiko yang harus kita ambil sangat tinggi," katanya sembari menambahkan bahwa ada juga kecurigaan yang berusaha untuk mempengaruhi dimana Italia akan menempatkan para migran.

Sebelumnya, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan kelompok militan telah mengambil keuntungan dengan menyelundupkan anggotanya diantara pada migran. Mereka juga telah mengambil keuntungan dari penjualan minyak ilegal setelah mengusai sejumlah ladang minyak di Irak dan Suriah.

Sebanyak 4.027 migran atau pengungsi telah meninggal dunia sepanjang tahun ini. Dari jumlah itu, tiga perempat dari mereka tewas di Laut Mediterania. Demikian laporan dari Organisasi Internasional untuk Migrasi yang menyatakan terjadi peningkatan 35 persen dari jumlah global selama tujuh bulan pertama 2015. Selain itu lebih dari 257.000 migran dan pengungsi telah memasuki Eropa melalui laut tahun ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7271 seconds (0.1#10.140)