Meksiko Bantah Terima Permintaan Investigasi Turki untuk Fethullah Gulen

Jum'at, 29 Juli 2016 - 17:35 WIB
Meksiko Bantah Terima Permintaan Investigasi Turki untuk Fethullah Gulen
Meksiko Bantah Terima Permintaan Investigasi Turki untuk Fethullah Gulen
A A A
MEXICO CITY - Sumber dari Kementerian Luar Negeri Meksiko mengatakan jika negara itu tidak menerima permintaan resmi dari Turki untuk melacak jejak ulama sekaligus tokoh oposisi Turki, Fethullah Gulen. Gulen dituding sebagai dalang upaya kudeta yang gagal pertengahan Juli lalu.

"Tidak ada permintaan untuk melacak secara formal dan pemerintah tidak bereaksi terhadap laporan media," kata sumber tersebut seperti dikutip dari laman Sputnik, Jumat (29/7/2016).

Awal pekan ini, Menteri Kehakiman Turki Bekir Bozdag mengatakan bahwa Gulen bisa saja meninggalkan Amerika Serikat (AS) dan tinggal di negera-negara lain termasuk Kanada, Mesir, Australia dan Meksiko.Sebelumnya Perdana Menteri Mesir, Sherif Ismail, membantah telah menerima permintaan suaka dari Gulen.

Pada tanggal 15 Juli, upaya kudeta berlangsung di Turki namun berhasil digagalkan pada hari berikutnya. Lebih dari 240 orang tewas dan lebih dari 2.100 orang terluka selama kudeta yang gagal. Namun, menurut pihak berwenang, jumlah itu tidak termasuk korban dari komplotan kudeta.

Pemerintah Turki menuding Gulen dan pengikutnya terlibat dalam kudeta itu dan telah memainkan peran penting dalam kudeta. Dari lokasi pengasingannya di Pennsylvania, Gulen membantah tudingan itu dan malah mengutuk aksi kudeta tersebut.

Sejauh ini, Pemerintah Turki telah memberhentikan, menangguhkan atau menempatkan puluhan ribu orang di lembaga-lembaga negara dalam penyelidikan. Mereka yang berada dalam penyelidikan itu termasuk yang bekerja di kementerian pemerintah, angkatan bersenjata, dan polisi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6336 seconds (0.1#10.140)