Rakyat Turki Gelar Demonstrasi Pro Demokrasi

Senin, 25 Juli 2016 - 03:57 WIB
Rakyat Turki Gelar Demonstrasi Pro Demokrasi
Rakyat Turki Gelar Demonstrasi Pro Demokrasi
A A A
ANKARA - Puluhan ribu warga Turki turun ke jalan bergabung dengan demonstrasi pro demokrari dan mengutuk upaya kudeta di Istanbul. Demonstrasi itu dipelopori oleh partai oposisi, CHP, namun mendapat dukungan dari partai penguasa AKP.

Puluhan ribu warga Turki ini berkumpul di Taksim Square melambaikan bendera dengan gambar Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Turki modern. Ditengah lautan bendera merah, muncul pula spanduk-spanduk bertuliskan seperti "Kami membela Republik!". Ada pula spanduk bertuliskan: "Tidak untuk kudeta, tidak ada kediktatoran".

Dalam kesempatan itu, pemimpin CHP Kemal Kilicdaroglu mengatakan bahwa demokrasi telah menang. "Parlemen berdiri dengan kebanggaan, Turki berdiri dengan kebanggaan, anggota parlemen berdiri dengan kebanggaan, orang-orang di alun-alun berdiri dengan kebanggaan, dan demokrasi menang!" katanya seperti dikutip dari BBC, Senin (25/7/2016).

Meski begitu, Kilicdaroglu juga memperingatkan bahaya otoritarianisme. "Negara tidak bisa diatur oleh dendam, kemarahan dan prasangka Mereka yang bertanggung jawab atas kudeta harus diadili secara sah, dengan pemahaman mematuhi aturan hukum," katanya.

Pada 15 Juli lalu upaya kudeta dilakukan oleh sekelompok kecil militer Turki. Mereka sempat menyerang sejumlah tempat-tempat vital negara macam gedung parlemen dan kantor intelijen. Namun, kudeta ini tidak berlangsung lama. Hanya dalam hitungan jam, gerakan kudeta ini berhasil ditumpas.

Meski begitu, sedikitnya 250 orang tewas dan ribuannya lainnya terluka. Selain itu, lebih dari 13 ribu orang telah ditahan dimana sebagian besar dari mereka adalah anggota militer. Selain itu ada pula hakim, jaksa, polisi dan warga sipil di antara mereka yang ditangkap.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5903 seconds (0.1#10.140)