Pengerahan Pasukan Skala Besar Jadi Agenda KTT NATO

Selasa, 05 Juli 2016 - 15:32 WIB
Pengerahan Pasukan Skala...
Pengerahan Pasukan Skala Besar Jadi Agenda KTT NATO
A A A
WARSAWA - Pengerahan pasukan dalam skala besar ke wilayah Eropa timur akan menjadi bahasan utama dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO di Warasa, Polandia akhir pekan ini. Pengarahan pasukan ini disebut sebagai yang terbesar paska berakhirnya perang dingin.

"Anggota NATO akan setuju untuk lebih meningkatkan kehadiran militer di bagian timur dari aliansi pada KTT mendatang di Warsawa," kata Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg, seperti dilansir Russia Today pada Selasa (5/7).

"Kami akan mengerahkan empat batalyon multinasional ke Estonia, Latvia, Lithuania dan Polandia. Saya menyambut pengumuman baru Kanada yang akan memimpin salah satu dari empat batalyon ini," sambungnya.

Dia juga menuturkan, anggota NATO kemungkinan besar akan setuju untuk mengembangkan kehadiran pasukan di tenggara Eropa, berdasarkan brigade multinasional yang berada di Rumania.

Selain pengerahanan pasukan, dalam KTT itu juga akan dibahas mengenai peningkatan anggaran belanja NATO. "Kami mengharapkan peningkatan nyata sebesar tiga persen anggaran pertahanan oleh sekutu Eropa dan Kanada," imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)