Kanada Kirim 1.000 Tentara ke Latvia

Minggu, 03 Juli 2016 - 18:12 WIB
Kanada Kirim 1.000 Tentara ke Latvia
Kanada Kirim 1.000 Tentara ke Latvia
A A A
OTTAWA - Kanada akan mengerahkan 1.000 tentara ke Latvia sebagai salah satu dari empat batalion NATO yang akan ditempatkan di Eropa Timur dalam menanggapi aneksasi Crimea oleh Rusia.

"Bersama dengan Amerika Serikat, Inggris dan Jerman, Kanada akan membangun dan memimpin brigade reaksi cepat untuk meningkatkan kehadiran NATO di Eropa Timur dan Tengah," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Kanada, seperti dikutip dari laman Breitbart, Minggu (3/7/2016).

Pernyataan itu juga menyatakan, rincian lebih lanjut akan diberikan pada pertemuan puncak NATO di Polandia bulan depan. "Sebagai mitra yang bertanggung jawab di dunia, Kanada berdiri berdampingan dengan sekutunya, NATO bekerja untuk menghalangi agresi dan menjamin perdamaian dan stabilitas di Eropa," kata Menteri Pertahanan Harjit Sajjan.

Pengumuman ini datang sehari setelah Presiden AS Barack Obama meminta Kanada untuk berbuat lebih banyak untuk mendukung NATO dalam pidatonya di parlemen Kanada.

Pasukan Kanada akan bergabung dengan 4.000 tentara NATO dalam penyebaran pasukan ke Baltik dan Polandia. Penyebaran pasukan ini untuk membantu mencegah ancaman Kremlin setelah tindakannya di Krimea dan memicu nya konflik militer di timur Ukraina, media Kanada melaporkan.

Penyebaran akan selesai tahun depan, diharapkan akan dikonfirmasi pada pertemuan puncak bulan depan di Warsawa.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5130 seconds (0.1#10.140)