Eks Presiden Polandia Minta AS Tembak Jatuh Jet Rusia

Minggu, 03 Juli 2016 - 12:30 WIB
Eks Presiden Polandia Minta AS Tembak Jatuh Jet Rusia
Eks Presiden Polandia Minta AS Tembak Jatuh Jet Rusia
A A A
WARSAWA - Mantan Presiden Polandia, Lech Walesa mengatakan, Angkatan Laut AS harus menembak jatuh jet Su-24 Rusia yang terbang 30 kaki dari kapal perusak USS Donal Cook di Laut Baltik untuk mengidentifikasi kapal. Menurut Walesa, tindakan tersebut tidak dapat ditoleransi.

"Jika saya adalah seorang komandan di kapal itu, dan saya melihat pesawat-pesawat terbang di atas langit, saya akan menembak mereka. Saya tidak akan membunuh pilot. Saya akan menembak sayapnya," katanya seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (3/7/2016).

Mantan pemimpin negara Eropa Timur itu menegaskan bahwa itu adalah cara yang tepat untuk menjawab dugaan ancaman Rusia karena jika tidak Moskow akan merasa telah menang. Ia juga tidak percaya jika tindakan seperti itu akan menimbulkan konflik militer dengan Rusia.

"Tak seorang pun ingin konflik, termasuk Rusia," katanya sembari menambahkan bahwa Moskow lebih suka menggunakan metode seperti pemerasan dan intimidasi untuk mencapai tujuan.

Walesa merekomendasikan kepada Washington untuk menghindari bermain terlalu lembut dengan Moskow dan menunjukkan sebaliknya. Ia pun menyodorkan tindakan Turki yang menembak jatuh sebuah jet Rusia Su-24 di dekat perbatasan Turki-Suriah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7826 seconds (0.1#10.140)
pixels