Usai Diperlebar, Terusan Panama Mulai Beroperasi

Minggu, 26 Juni 2016 - 23:03 WIB
Usai Diperlebar, Terusan Panama Mulai Beroperasi
Usai Diperlebar, Terusan Panama Mulai Beroperasi
A A A
PANAMA CITY - Ribuan warga Panama berkumpul sejak subuh untuk menyaksikan peresmian kanal Terusan Panama. Ribuan orang itu melambaikan bendera nasional diiringi musik dari marching band.

Terlambat hampir dua tahun karena penundaan konstruksi dan perselisihan perburuhan, proyek bernilai USD5,25 miliar resmi diluncurkan. Kanal Terusan Panama ini mengalami perluasan lebih besar dari sebelumnya, dengan lebar mencapai 158 kaki dan panjang mencapai 984 kaki.

Acara ini dihadiri tidak kurang 30 ribu orang dan 8 Kepala Negara asing diharapkan akan turut hadir dalam perayaan sehari penuh, seperti dikutip dari CBS News, Minggu (26/6/2016).

"Ini adalah bukti bahwa Terusan Panama, dengan perluasan ini, adalah pemain penting. Tidak hanya untuk perdagangan maritim regional, tetapi di seluruh dunia. Kanal adalah pertaruhan untuk dimenangkan. (Klien) akan mendapatkan keuntungan, tidak hanya waktu, tetapi juga uang. Sebab, kanal adalah rute yang lebih pendek jaraknya," kata Wakil Presiden Eksekutif Otoritas Terusan Panama, Oscar Bazan.

Perluasan kanal Terusan Panama ini memungkinkan sebuah ekspansi baru, dimana kapal-kapal generasi baru yang jauh lebih besar bisa melawati jalur tersebut. Sebuah kapal China yang mengangkut lebih dari 9.000 kontainer pun didaulat menjadi pelayaran pertama yang melewati kanal Terusan Panama.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6575 seconds (0.1#10.140)