Pro-Brexit Menang, Inggris Pilih Hengkang dari Uni Eropa

Jum'at, 24 Juni 2016 - 12:55 WIB
Pro-Brexit Menang, Inggris Pilih Hengkang dari Uni Eropa
Pro-Brexit Menang, Inggris Pilih Hengkang dari Uni Eropa
A A A
LONDON - Hasil referendum bersejarah Inggris pada Jumat (24/6/2016), menunjukkan bahwa rakyat Inggris memilih hengkang dari Uni Eropa. Hasil referendum ini menjadi kemenangan kelompok pro-Brexit.

Hasil penghitungan suara hingga saat ini menunjukkan sebanyak 16.990.000 warga memilih Inggris keluar dari keanggotaan Uni Eropa alias Brexit. Sedangkan 15,8 juta warga memilih Inggris bertahan di Uni Eropa.

Berdasarkan presentasi, kubu pro-Brexit unggul 52 persen terhadap kubu pro-Inggris bertahan di Uni Eropa sebanyak 48 persen. Jumlah pemilih yang dihitung sementara hampir 33 juta orang atau sebesar 71,8 persen.

Referendum dimulai pada hari Kamis dan penghitungan final diprediksi selesai hari ini.

Sebelumnya, sebuah surat yang ditandatangani oleh 84 anggota parlemen kubu Konservtif pro-Brexit telah dikirim ke Downing Street. Surat itu sebagai gerakan “Save David” atau dukungan bagi David Cameron untuk tetap menjadi PM Inggris apapun hasil referendum.

Surat “Save David” itu digalang oleh mantan pejabat kantor Kementerian Luar Negeri yang juga politikus Konservatif; Robert Syms. Surat disampaikan kepada sekretaris pribadi Cameron; Gavin Williamson.

Melalui surat itu pula, para politikus itu berterima kasih kepada Cameron karena memberikan kesempatan bagi warga Inggris menentukan pilihan dalam referendum.

“Kami percaya apapun yang orang-orang Inggris putuskan, Anda memiliki mandat dan tugas untuk terus memimpin bangsa menerapkan kebijakan kami,” bunyi surat tersebut yang dilansirSky News, Jumat (24/6/2016).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7327 seconds (0.1#10.140)