Begini Puasa Muslim di Negara dengan Matahari Nyaris Tak Terbenam

Selasa, 21 Juni 2016 - 09:31 WIB
Begini Puasa Muslim di Negara dengan Matahari Nyaris Tak Terbenam
Begini Puasa Muslim di Negara dengan Matahari Nyaris Tak Terbenam
A A A
ROVANIEMI - Warga Muslim di negara-negara Lingkar Arktik tetap menjalankan puasa Ramadhan meski di negara-negara kawasan itu matahari nyaris tak pernah terbenam.

Ada beberapa warga Muslim di kawasan Lingkar Arktik (Lingkar Kutub Utara) memilih berpuasa mengikuti waktu normal di negara-negara Timur Tengah terdekat, seperti Turki, yakni berpuasa sekitar 16 jam.

Negara-negara di kawasan Lingkar Arktik ini contohnya Finlandia dan Swedia. Di Finlandia, matahari terbenam hanya sekitar 55 menit sepanjang tahun 2016.

Puasa Ramadan pada umumnya dijalani mulai dari fajar hingga senja atau matahari terbenam. Selama waktu puasa itu, warga Muslim menahan lapar, dahaga, aktivitas seksual dan beberapa aktivitas lain yang membatalkan puasa. Puasa diakhiri dengan berbuka atau dikenal dengan Iftar.

Mohammed, salah satu warga Muslim yang tinggal di Finlandia menceritakan aktivitas puasa Ramadhan kepada AJ +.

”Puasa dimulai pada pukul 01:35 di pagi hari dan akan berakhir pada 24.48 di malam hari. Jadi (puasa) akan berlangsung 23 jam, 5 menit. Teman-teman saya, keluarga dan kerabat yang tinggal di Bangladesh, mereka tidak percaya kami bisa melakukan puasa Ramadhan selama lebih dari 20 jam,” katanya.

Menurut Mohammed, warga Muslim di negara-negara Lingkar Arktik sudah beradaptasi dengan matahari yang terbenam singkat atau bahkan tidak pernah terbenam sama sekali.

”Jadi ketika mereka mendengar dari kami, bahwa kami menjalani Ramadhan di sini selama 23 jam atau 22,5 jam, mereka hanya mengatakan ‘Itu luar biasa, bagaimana bisa Anda mengelola ini’. Tapi entah bagaimana (Alhamdulillah) kita mengelolanya, dan kami lakukan sangat baik.”

Mohammed tinggal bersama keluarganya di Filnlandia Utara.

Menurutnya, beberapa warga Muslim lainnya di negara-negara terdekat dengan kondisi waktu yang sama telah menemukan cara lain untuk beradaptasi.

”Beberapa Muslim lainnya yang tinggal di Lapland (provinsi di Finlandia), kebanyakan dari mereka mengikuti tabel waktu Timur Tengah, karena mereka mengikuti negara Islam terdekat, Turki,” ujar Mohammed, seperti dikutip Independent.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7608 seconds (0.1#10.140)