Sambut Putra Raja Salman, Obama Puji Peran Saudi Lawan ISIS

Sabtu, 18 Juni 2016 - 11:17 WIB
Sambut Putra Raja Salman, Obama Puji Peran Saudi Lawan ISIS
Sambut Putra Raja Salman, Obama Puji Peran Saudi Lawan ISIS
A A A
WASHINGTON - Putra Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi, Mohammed bin Salman, disambut Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama di Oval Office, Gedung Putih, hari Jumat waktu AS. Dalam pertemuan itu, Obama memuji peran Saudi dalam melawan kelompok ISIS.

Pangeran Mohammed yang merupakan Deputi Putra Mahkota yang juga Menteri Pertahanan Saudi mengunjungi AS sejak beberapa hari lalu. Dia sebelumnya sudah bertemu dengan parlemen AS.

Pujian Obama untuk Saudi itu disampaikan pihak Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

”Presiden Obama bertemu pagi ini di Oval Office dengan Yang Mulia Mohammed bin Salman dari Arab Saudi, untuk melanjutkan diskusi dimulai pada bulan April di US-Gulf Cooperation Council (GCC) Summit di Riyadh.

”Presiden menyampaikan apresiasi atas kontribusi Arab Saudi untuk kampanye melawan ISIS,” lanjut pernyataan Gedung Putih, seperti dikutip Al Arabiya.

“Meninjau keuntungan Irak baru-baru ini terhadap ISIS, Presiden dan Deputi Putra Mahkota membahas langkah-langkah untuk mendukung rakyat Irak, termasuk peningkatan dukungan pendanaan Teluk untuk kebutuhan kemanusiaan dan stabilisasi yang mendesak,” imbuh pihak Gedung Putih.

Obama dan Pangeran Mohammed juga membahas krisis Suriah dan menekankan pentingnya penghentian permusuhan dan transisi politik dari rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Sepak terjang Iran yang dianggap melakukan destabilisasi juga turut dibahas. Mereka setuju untuk mengeksplorasi jalan yang dapat menyebabkan deeskalasi ketegangan.

Pangeran Mohammed sebelumnya juga menemui Kepala Pentagon, Ashton Carter, di mana mereka membahas situasi di Timur Tengah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6014 seconds (0.1#10.140)