Menlu Retno: Dua Negara, Solusi Tunggal untuk Palestina dan Israel

Senin, 06 Juni 2016 - 16:51 WIB
Menlu Retno: Dua Negara, Solusi Tunggal untuk Palestina dan Israel
Menlu Retno: Dua Negara, Solusi Tunggal untuk Palestina dan Israel
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Lestari Priansari Marsudi, mengatakan, negara-negara peserta konferensi perdamaian Paris sepakat bahwa solusi dua negara menjadi solusi tunggal untuk menyelesaikan masalah Palestina dan Israel.


"Masih berbicara mengenai sudut pandang masih-masing, tapi intinya kita memiliki komitmen yang tinggi untuk memberikan kontribusi," kata Retno kepada wartawan di kantornya, Jakarta, pada Senin (6/6/2016).


"Kadang-kadang sudut pandangnya berbeda, sehingga yang paling penting adalah bagaimana kita mengkombinasikan sudut pandang yang berbeda ini menjadi sesuatu yang bisa dilakukan, dan yang paling penting dalam pertemuan kemarin adalah solusi dua negara adalah satu-satunya solusi. Jadi, kalau ada pihak-pihak yang mengatakan mereka menginginkan solusi satu negara, itu sudah tidak mungkin dilakukan,” ujarnya.


Konferensi perdamaian di Paris sejatinya mendapat penolakan keras dari Pemerintah Israel. Negeri Zionis itu menegaskan bahwa satu-satunya cara untuk menyelesaikan konflik dengan Palestina adalah dengan melakukan negosiasi langsung. Tanpa itu, Israel tidak akan menerimanya.


Pertemuan yang berlangsung pekan lalu itu sejatinya adalah pertemuan awal menjelang Konferensi Perdamaian Israel dan Palestina. Dalam konferensinya yang akan digelar pada semeter dua 2016 nanti, Israel dan Palestina akan dilibatkan langsung.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7221 seconds (0.1#10.140)